OPINI: Menyoal Kasak-Kusuk UKT di Tengah Pandemi

OPINI: Menyoal Kasak-Kusuk UKT di Tengah Pandemi

Penulis: Suwardi (Wakil Ketua Senat Mahasiswa IAIN Parepare)

OPINI — Pendidikan salah satu sektor yang berdampak akibat pandemi Covid-19, terutama terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang kini menimbulkan polemik. Penderitaan tidak hanya dialami yang kena virus mematikan, ada dampak turunan yang menjadi perhatian publik yang dimana turunnya daya beli atau ekonomi. Termasuk untuk memenuhi kewajiban kita sebagai mahasiswa, yakni hajat pendidikan yang menjadi garda terdepan anak bangsa, namun semangat juang tak boleh berhenti walau di tengah jeritan pandemi.

Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kesulitan hidup apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan work for home. Pembelajaran daring memberikan dampak pelemahan ekonomi wali. Mahasiswa juga tidak dapat mengakses dengan baik pelayanan akademik, sarana prasarana, dan fasilitas kampus.

Kebijakan paling efektif adalah memotong beban biaya uang kuliah tunggal (UKT) karena dalam keadaan seperti ini, seharusnya pimpinan kampus mampu mengeluarkan kebijakan yang meringankan beban mahasiswa, baik psikologi maupun ekonomi.

Secara hierarki dalam kondisi seperti ini mau tidak mau, suka atau tidak suka pemotongan UKT harus ditunaikan. Proses kuliah daring membuat mahasiswa resah dengan berbagai keluhan yang diterapkan beberapa dosen yang kurang jelas, tugas yang berlebihan, pengeluaran yang membludak untuk pembelian kouta internet, jaringan yang tidak mendukung, bahkan kesehatan mata yang mulai terganggu karena menatap layar HP dari pagi bahkan sampai malam hari untuk menyelasaikan aktivitas perkuliahan.

Tidak semua mahasiswa mempunyai kecukupan ekonomi, apalagi mahasiswa yang berada di kampus-kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Tidak ada Covid-19 saja, tiap semester banyak diantara mereka yang mengajukan cuti akademik bahkan putus kuliah.

Pertanyaannya adalah apakah pendidikan… [next page 2]

Pages: 1 2

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *