Pemantapan Reakreditasi dengan Integrasi Program Kerja Perpustakaan

Pemantapan Reakreditasi dengan Integrasi Program Kerja Perpustakaan

IAIN PAREPARE– Integrasi program kerja tahun 2020 menjadi agenda utama rapat yang dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan di ruang rapat lantai I Perpustakaan IAIN Parepare, Kamis (30/1/2020).

Rapat tersebut dihadiri seluruh pengelola perpustakaan yang terdiri dari pustakawan, staf administrasi dan unsur dosen yang mendapat tugas tambahan mengelola perpustakaan.

Kepala UPT Perpustakaan IAIN Parepare, Usman M.Ag berharap agar pengelola perpustakaan, khususnya bagi fungsional pustakawan untuk mengintegrasikan tugas pokok yang tertuang dalam semua dimensi. “Utamanya yang sudah tercakup pada peraturan kepala perpustakaan nasional Republik Indonesia nomor 11 tahun 2015 tentang petunjuk teknis jabatan fungsional pustakawan dan angka kreditnya agar bisa terlaksana, selain dari sisi tugas pelengkap Penetapan Angka Kredit (PAK) tugas pustakawan,” ujar Usman.

Keseluruhan tugas pokok itu, lanjut Usman, diharapkan terintegrasi dengan pemenuhan borang akreditasi perpustakaan yang terdiri dari enam point yakni : 1. Koleksi; 2. Sarana dan prasarana, 3. Pelayanan Perpustakaan, 4. Tenaga Perpustakaan, 5. Penyelenggaraan dan pengolahan, 6. Komponen penguat.

Di sela waktu yang digunakan untuk rapat sesekali diisi dengan saling memotivasi sesama pengelola untuk bekerja harmonis. Juga saling menunjang antara tugas yang memiliki keterkaitan hirarki. Hal inilah yang mendapat apresiasi dari Kepala Perpustakaan.

Kepala Perpustakaan, Usman juga mengimbau pengelola agar terus melayani dengan senyum tulus sebagai manifestasi dari user oriented (pelayanan berbasis pengguna). Ini dilakukan untuk semua dimensi pelayanan perpustakaan.

Salah satu upaya yang baru-baru ini terlaksana adalah reposisi dan penataan rak buku dari bagian layanan dari setiap lantai/ ruang perpustakaan yang berorientasi pada kemudahan dalam mengakses sumber informasi (sumber bacaan).

Menurut sumber info bagian layanan Sirkulasi Perpustakaan, bahwa tidak kurang dari 300 pemustaka (pengguna perpustakaan) yang berasal dari unsur sivitas akademik IAIN Parepare berkunjung di hari perkuliahan. Mereka aktif mengakses langsung sumber informasi di perpustakaan. Ini belum termasuk pengunjung yang mengakses koleksi secara digital melalui repository@stainparepare.ac.id. (*)

Penulis : Sirajuddin
Editor : Alfiansyah Anwar

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *