Pimpinan PTKIN se-Indonesia Bahas Kelulusan Maba melalui Zoom

Pimpinan PTKIN se-Indonesia Bahas Kelulusan Maba melalui Zoom

IAIN PAREPARE– Rektor IAIN Parepare mengikuti Focus Group Discussion (FGD) melalui aplikasi zoom bersama pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, Rabu (8/4/2020) pukul 09.30 hingga 12.30 WITA. Dalam undangan bertanggal 30 Maret 2020, FGD ini diikuti 177 orang, termasuk rektor/ ketua,Wakil Rektor/ketua I dan TIK.

Narasumber kegiatan ini, Wakil Menteri Agama RI  Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin, M.A,  Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag, Ketua Forum Pimpinan PTKIN Prof. Dr. Babun Suharto, S.E, M.M dan Ketua Panitia Nasional SPAN-UM PTKIN Prof. Dr. Mahmud, M.Si.

Beberapa materi dalam FGD diantaranya, laporan penerimaan mahasiswa baru (maba) jalur SPAN PTKIN 2020, kebijakan strategis penerimaan mahasiswa baru di PTKIN,  kebijakan umum SPAN-UM PTKIN 2020 dan isu-isu strategis Kementerian Agama bidang pendidikan. Pada sesi kedua, membahas verifikasi hasil seleksi dan penetapan kelulusan SPAN PTKIN Tahun 2020.

Sebanyak 22 orang pembahas dalam kegiatan ini yang juga panitia nasional SPAN-UM PTKIN, diantaranya Dr. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku Sekretaris Panitia Nasional, Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag sebagai Pengelola Keuangan, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag sebagai Koord. Pokja Kesekretariatan, Dr. Mohamad Erihadiana, M.Pd sebagai Kepala Sekretariat dan Zulfahmi Alwi, Ph.D selaku Wakil Kepala Sekretariat.

“Pertemuan tadi hanya rapat penentuan dan teknis pengumuman dan penandatanganan persetujuan kelulusan yang dihadiri wakil menteri, direktur, semua rektor plus ketua forum rektor, semua wr1 dan TIK serta panitia pusat. Dalam sambutannya, Wakil Menteri Agama mengharapkan kiranya pada masa-masa yang akan datang siswa yang berasal dari Madrasah Aliyah dan pondok pesantren lebih banyak yang masuk ke PTKIN dibanding pada perguruan tinggi lainnya. Hal ini disebabkan kita berada pada kementerian yang sama, yaitu Kementerian Agama,” ujar Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan menjelaskan pelaksanaan FGD, Rabu (8/4/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *