Prodi ALKES  FEBI Seminar Akuntansi, Utamakan Dimensi Spiritual

Prodi ALKES FEBI Seminar Akuntansi, Utamakan Dimensi Spiritual

Humas IAIN Parepare- Program Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menggelar Seminar Akuntansi, Rabu (20/10/2021) pukul 8.00 WITA di Balai Seni IAIN Parepare.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Muh. Kamal Zubair, M.Ag dihadiri pula Kabag TU Febi, Kasubag AKKA Febi, Ketua Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah, Ketua Prodi Akuntansi Syariah, para dosen  dalam lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta peserta seminar dari mahasiswa. Kegiatan seminar ini bertujuan agar mahasiswa mampu meningkatkan kemampuannya terkait dengan ilmu-ilmu akuntansi yang dilihat dari nilai-nilai Islam/Syariah.

Dalam kegiatan ini menghadirkan dua pembicara diantaranya, pemateri pertama Prof. Dr. Mursalim S.E., M.Si., Akt., Dosen Universitas Muslim Indonesia. Ia menyampaikan  materi tentang Transformasi Akuntansi pada Nilai-Nilai Spritual.

Dalam pemaparan materi, narasumber menjelaskan nilai-nilai spiritual accounting, dimana dimensi spritual mendapatkan posisi pertama.

“Sejatinya manusia mencari tujuan utamanya, yaitu negeri akhirat dengan menghadirkan cinta yang tulus dan kasih yang tulus (spiritual). Dengan tidak melupakan mencari kebahagiaan di dunia dengan pelaporan entitas terkait kegiatan ekonomi. Baik laporan keuangan maupun laporan keberlanjutan (ekonomi) atau praktik-praktik akuntansi yang harmonis,” jelasnya.

“Proses ini sangat memberikan hasil yang memuaskan sebagai hasil substansi retailing dan operasi manufacturing dan masyarakat. Agama dan sosial dapat mempengaruhi akuntansi dan memainkan perannya sebagai pihak yang netral dan bertanggung jawab dalam membuat dan melaporkan laporan pertanggungjawaban,” ujar Prof. Dr. Mursalim.

Selanjutnya, Dr. Saiful Muchlis, S.E, M.SA, Akt, CA, Dosen Ilmu Akuntansi di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sebagai pembicara kedua. Ia menyampaikan materi tentang Implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Syariah.

Dalam pemaparannya, Saiful menjelaskan perkembangan PSAK Syariah yang terbagi atas, umum (Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah, PSAK 101 Penyajian Laporan Keuangan Syariah), Sosial/Ziswaf (PSAK 109 Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah, PSAK 112 Akuntansi Wakaf), dan Komersial/sektor keuangan/riil.

Panitia berharap dengan adanya kegiatan seminar akuntansi ini adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama di bidang Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah sebagai bekal mahasiswa untuk terjun di dunia kerja nantinya. (AR/Mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *