Prodi Pendidikan Matematika Gelar Seminar dan Produk Pembelajaran

Prodi Pendidikan Matematika Gelar Seminar dan Produk Pembelajaran

Humas IAIN Parepare —Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) menggelar kegiatan Seminar Pendidikan Matematika. Kegiatan ini dirangkaikan dengan Gelar Produk Media Pembelajaran hasil karya cipta mahasiswa yang berlangsung Senin, 15 Juli di Aula IAIN Parepare.

Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Kultur Akademik Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika yang Terintegrasi Nilai-nilai Islam” dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, H. Saepudin. Dalam sambutannya, H. Saepudin memberikan apresiasi dan penghargaan kepada inisiator pelaksana kegiatan, yaitu Ketua Program Studi Pendidikan Matematika yang berkolaborasi dengan Hima Prodi.

Dekan Fakultas Tarbiyah ini meyakini kegiatan yang bernuangsa akademik seperti yang diselenggarakan prodi-prodi akan menciptakan nuangsa dan habitual ilmiah di lingkungan akademika Tarbiyah, baik dosen mau pun mahasiswanya. “Oleh karena itu, H. Saepudin mendorong kepada Ketua-ketua Program Studi untuk saling berlomba memprogramkan kegiatan berbasis akademik. Semakin banyak kegiatan-kegiatan akademik di kampus, tentunya akan meningkatkan image dan reputasi Fakultas Tarbiyah di tengah-tengah masyarakat, khusus dalam peningkatan mutu/kualitas akademik kampus.

Selain itu, H. Saepudin juga memberikan pujian atas desain kegiatan yang digelar Program Studi Pendidikan Matematika ini, yaitu Seminar Pendidikan Matematika yang dirangkaikan dengan gelar produk pembelajaran. Desain kegiatan seperti ini, dinilai Dekan Fakultas Tarbiyah sebagai kegiatan yang berbobot. Selain memperoleh konsepsi teorikal melalui seminar, peserta juga disuguhkan hasil produk, karya mahasiswa. Hasil karya mahasiswa dalam bentuk produk ilmiah di bidang Matematika terasa sangat istimewa karena merangkum semua teori matematika dalam bentuk yang sederahana dan dapat dipahami.

Sementara Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Buhaerah dalam laporannya menyebutkan, seminar pendidikan ini tidak lain sebagai program kerja Program Studi Pendidikan Matematika dalam mendorong kegiatan kegiatan akademik yg melibatkan mahasiswa secara langsung. Dalam pelaksanaan seminar ini, panitia menghadirkan 3 pemateri yaitu Dr. Sriyanti Mustafa, M. Pd. (Dosen Pendidikan Matematika UM Parepare), Dr. Buhaerah, M. Pd. dan Zulfiqar Busrah, M.Si sebagai pemateri Internal. Seminar yang dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa yang dipandu oleh Andi Aras, M. Pd. selaku moderator.

Dalam presentasinya, Sriyanti Mustafa mengurai tentang integrasi nilai-nilai Keislaman dalam pembelajaran Matematika. Dosen UMPAR ini dengan sangat interaktif menjelaskan paradigma Islam dalam dinamika perkembangan ilmu matematika. Ternyata Islam sangat mendukung dan bahkan menjadi sumber ilmu sains, seperti matematika. Sementara Buhaerah lebih banyak menyampaikan tentang contoh-contoh teknis pembelajaran Matematika yang memadukan nilai-nilai keislaman. Dalam teori-teori pembelajaran matematika yang dikemukakan sungguh memperlihatkan relevansi yang kuat antara Islam dan ilmu matematika. Pemateri ketiga, yaitu Zulfiqar Busrah menyampaikan materi tentang matematika sebagai Tool of Science dengan meninjau aspek terapannya.

Pasca sesi diskusi dalam forum seminar, kegiatan dilanjutkan dengan Gelar Produk Media Pembelajaran yang diikuti oleh 25 grup. Kegiatan ini merupakan bagian dari output penugasan mata kuliah Kalkulus, Metode Numerik, dan Geometri Analitik bidang yang diampuh oleh bapak Zulfiqar Busrah. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengeksplorasi aspek teoritis dalam perkuliahan menjadi satu produk media pembelajaran lintas angkatan sehingga terwujud proses belajar matematika yg efisien, efektif, kreatif dan inovatif. Untuk kedepannya, kegiatan pameran seperti ini akan ditingkatkan pada level media publikasi berbasis riset, ujar Buhaerah sebagai Ketua Program Studi Tadris Matematika IAIN Parepare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *