Prof. Dedi Djubaidi Berbagi Tips Kepemimpinan di FUAD

Prof. Dedi Djubaidi Berbagi Tips Kepemimpinan di FUAD

Humas IAIN Parepare — Senin, 11/11/2019 Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) melaksanakan Program Sabbatical Leave (excange professor) Tahun 2019 dengan mengusung tema bahasan manajemen kepemimpinan tata kelola Fakultas dan Prodi IAIN Parepare.

Prof. Dedi Djubaidi sebagai peserta excange professor berbagi ilmu dan pengalaman dengan civitas FUAD. Diantara civitas FUAD yang hadir adalah Dekan, KH. Abd. Halim K., Wakil Dekan, Iskandar dan Musyarif, Ketua-ketua Program Studi, para dosen dan pegawai FUAD.

Prof. Dedi Djubaidi yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengemukakan dalam mengelola lembaga perguruan tinggi dibutuhkan kepemimpinan yang memiliki kompetensi. Kepemimpinan sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan sistem manajemen dan pengelolaan sebuah lembaga agar berlangsung efektif dan efesien.

Menurut mantan Rektor IAIN Ambon ini dalam mengelola perguruan tinggi, seperti IAIN Parepare, ada beberapa kompetensi kepemimpinan yang perlu dimiliki, diantaranya;

Pertama, kepemimpinan fleksibel dengan melakukan perubahan bersama-sama. Pemimpin dan bawahan harus memiliki komitmen bersama. Kedua, seorang pemimpin harus mengerti bawahan.

Ketiga, seorang pemimpin memiliki koneksi (Human Connection) dengan lembaga-lembaga lain, baik itu pemerintahan maupun swasta. Keempat, pemimpin tidak lama berpikir, karena jika lama berpikir bisa ketinggalan.

“Seorang pemimpin harus “no limit dan don’t say no”. Artinya pemimpin harus bergaul dengan semuanya, tanpa melihat status sosial, ras, atasan dan bawahan dan jika ditawari pekerjaan jangan pernah mengatakan tidak,” kata Prof. Dedi memberikan tips kepemimpinannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *