Pustakawan Senior Ceramahi Penggiat Literasi kota Parepare

Pustakawan Senior Ceramahi Penggiat Literasi kota Parepare

Humas IAIN Parepare –— Aktivis dan penggiat literasi kota Parepare yang terhimpun dalam komunitas Forum Komunikasi Literasi Parepare (FKLP) menggelar Diskusi Virtual, Jumat, 9/7/2020. Kegiatan ini digelar untuk memperingati hari lahir Ikatan Pustakawan Nasional yang ke -47. FKLP adalah komunitas literasi yang menggalang dan memiliki anggota yang cukup besar di kota Parepare.

Salah satu narasumber utama diskusi virtual ini, adalah pustakawan yang cukup senior dari IAIN Parepare, Sirajuddin, S. Pd. I., S. IPI., M. Pd. Dikalangan penggiat literasi kota Parepare, Sirajuddin cukup dikenal sebagai sosok yang concern dan konsisten dalam gerakan lietrasi di kota yang terkenal sebagai kota pendidikan ini. Selain Sirajuddin, hadir 4 narasumber lainnya, yaitu Dr. Hj. Asniar Khumas, M. Rasdy Gery, S.IP., M.Si., Sunardi Purwanda, SH., MH., dan Tamrin, S.S., M.Pd.

Sirajuddin yang tampil sebagai pembicara pertama membawakan materi yang berjudul Hari Jadi Pustakawan, Spirit Pembaharu Literasi. Dalam uraiannya, jebolan S1 Ilmu perpustakaan dan informasi Universitas Yarsi Jakarta pusat ini banyak membahas perpustakaan dan pustakawan yang bertransformasi di masa pandemi ini. “Berinovasi dan bertransformasi bagi perpustakaan, pustakawan dan kepustakawanan adalah sebuah tanggung jawab dan keharusan,” paparnya dalam diskusi yang dihari pustawakan provinsi Sulsel dan Parepare.

Sirajuddin pun mengutip himbauan Kepala perpustakasn Nasional, Muhammad Syarif Bando kepada pustakawan Indonesia saat memberikan sambutan hari perpustakaan nasional. “Pustakawan dan kepustakawanan saat ini dalam kondisi paradoks, sehingga dituntut untuk menulis terutama di hari lahir IPI yang ke -47 ini, agar semua tahu begitu berat beban tugas perpustakaan terutama di masa pandemi saat ini”.

Pada kesempatan ini, Sirajuddin yang juga aktif sebagai pembicara di forum-forum literasi di Ajatappareng memberikan apresiasi kepada komunitas FKLP yang dinilainya terus bergerak dan progresif dalam kegiatan-kegiatan literasi di daerah ini. “Terima kasih kepada Ahmad Kohawan selaku aktivis dan pegiat literasi sastra yang terus menggiatkan literasi di kota parepare. Termasuk dalam keterlibatannya menginisiasi dan menfasilitasi bincang daring ini melalui FKLP,” papar Sirajuddin yang memiliki hobi olahraga sepeda ini.

Suherman Syach, salah satu partisipan dalam diskusi virtual tersebut mengaku merasa beruntung dan berterima kasih telah mendengar pencerahan dari para aktivis literasi melalui kegiatan ini. “Mereka memberikan semangat dan motivasi kepada kita untuk terus berbuat dan berkarya dalam kegiatan literasi. Wawasan dan pengalaman mereka sangat luas. Kita disuguhkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru dari para pembicara,” katanya saat dimintai tanggapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *