Tarbiyah Award Tampilkan Permainan Tradisional ma’cangke dan ma’raga

Tarbiyah Award Tampilkan Permainan Tradisional ma’cangke dan ma’raga

Humas IAIN Parepare —-Fakultas Tarbiyah (Faktar) IAIN Parepare menggelar pembukaan Tarbiyah Award di halaman gedung perkuliahan Faktar, Rabu, 09/06/2021.

Tarbiyah Award merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Fakultas Tarbiyah untuk memberikan reward dan apresiasi kepada dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik yang sifatnya akademik maupun non akademik.

Pada kegiatan ini bukan hanya memperlombakan kegiatan akademik tetapi juga kegiatan non akademik. Kali ini disemarakkan dengan menampilkan permainan tradisional seperti permaian ma’cangke dan ma’raga. Saepudin, selaku dekan Fakultas Tarbiyah menjelaskan bahwa kedua permainan tradisional ini merupakan perwujudan dari visi misi IAIN Parepare yang berbasis akulturasi budaya.

“Dimana permainan ma’cangke melambangkan ketangkasan, kecepatan dan kerjasama, sedangkan ma’raga melambangkan semangat persaudaraan atau kerjasama,” ungkap Saepudin saat memberikan sambutan.

Pembukaan Tarbiyah Award ini juga ditandai dengan pemotongan pita oleh dekan Fakultas Tarbiyah dan dilanjutkan dengan permainan ma’raga dan permainan ma’cangke secara simbolis oleh dekan yang didampingi oleh para wakil dekan dan para ketua prodi.

Adapun rundown kegiatannya untuk perlombaan akademik, ada lomba inovasi video pembelajaran khusus alumni (internal), essai untuk mahasiswa dan book chapter untuk dosen. Sedangkan kegiatan non akademik ada ma’raga khusus untuk mahasiswa laki laki dan ma’cangke khusus untuk mahasiswi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *