Temu Konselor, Layanan Konseling Keluarga Berbasis Digital

Temu Konselor, Layanan Konseling Keluarga Berbasis Digital

Humas IAIN Parepare— Berangkat dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya tentang Indeks Persepsi Kekerasan Terhadap Anak di Kabupaten Sidrap, Adnan Achiruddin Dosen Bimbingan Konseling Islam (BKI) IAIN Parepare menggagas aplikasi Temu Konselor (TELOR) berbasis digital.
Hal ini ia lakukan, karena Adnan melihat ciri dari industri 4.0 yakni Internet of Things.
“Konsekuensinya adalah digitalisasi di beragam layanan, termasuk yang harus menjadi prioritas adalah menghadirkan layanan berbasis digital di lingkup keluarga,” ungkapnya.

Hadirnya aplikasi ini diharap dapat menjadi solusi dari berbagai beragam permasalahan di lingkup keluarga. Aplikasi ini menyiapkan dua fitur yaitu ruang konseling dan jejak kebaikan. Ruang konseling berfungsi mempertemukan antara klien dengan konselor melalui konseling online/virtual sedang jejak kebaikan berfungsi sebagai ruang berbagi pengalaman terbaik mendidik anak.

Adnan menjelaskan aplikasi ini mengusung konsep pengasuhan BERADAB, akronim dari Berkah, Aman, dan Bahagia.

“Proyeksi bonus demografi Indonesia di tahun 2030 – 2040 sekitar 70.20 %, lantas di mana hadir pribadi-pribadi unggul itu, tentu lahir dari proses pendidikan keluarga, sehingga penguatan keluarga adalah utang para orang tua hari ini yang harus dituntaskan. Harapannya, institusi keluarga bisa menjadi keran-keran kebaikan, kebahagiaan, dan keberkahan bagi lahirnya peradaban yang mendukung cita-cita bangsa Indonesia,” jelas Adnan yang juga sebagai Direktur Organisasi Taman Semesta.

Kepala Kantor Kemenag Sidrap mengatakan aplikasi Temu Konselor (Telor) ini sangat berguna dan membantu kehidupan rumah tangga utamanya persoalan ketahanan keluarga dan perhatian orang tua kepada anak.

“Kementerian Agama Kab. Sidrap sangat mendukung penuh inovasi organisasi Taman Semesta ini, saya berharap Kemenag utamanya para penyuluh agama Islam dapat berkolaborasi untuk pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Aplikasi Temu Konselor ini dapat diunduh di playstore secara gratis.

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *