Wakil Rektor APK: Kebijakan Uji Coba Kelas Offline Telah Melalui Pengkajian dan Persiapan Teknis

Wakil Rektor APK: Kebijakan Uji Coba Kelas Offline Telah Melalui Pengkajian dan Persiapan Teknis

IAIN Parepare – Pembukaan Kuliah semester Genap Tahun Akademik 2020-2021 telah dibuka, Senin (8/3/2021) oleh Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustan.

Pembukaan Kuliah diawali laporan Wakil Rektor Bidang Akademik Pengembangan Kelembagaan (APK) St. Jamilah Amin di hadapan civitas akademik baik yang hadir secara offline maupun yang bergabung secara virtual melalui Zoom meeting.

St. Jamilah Amin dalam sambutannya memaparkan beberapa laporan persiapan kuliah semester genap termasuk kebijakan pelaksanaan perkuliahan dengan sistem offline, berbeda perkuliahan sebelumnya pada semester ganjil seluruh kelas perkuliahan menggunakan sistem online.

“Uji coba kuliah offline diawali dengan rapat pimpinan yang diperluas pada tanggal 10 Februari 2021. Maka semester ini pimpinan mengambil kebijakan untuk melakukan perkuliahan offline dengan kelas uji coba setelah melalui kajian dan pemikiran yang mendalam dengan berbagai pertimbangan, semester yang akan melalui kelas uji coba, dosen yang digunakan serta ruang kelas belajar,” papar St. Jamilah Amin.

Lebih lanjut St. Jamilah Amin memaparkan teknis uji coba kelas offline. “Yang digunakan hanya empat kelas besar meliputi balai seni dan budaya digunakan oleh FEBI, aula serba guna digunakan oleh FUAD, aula laboratorium terpadu digunakan oleh Fakshi dan auditorium digunakan Fakultas Tarbiyah. Jumlah peruangan hanya diisi sebanyak 35 mahasiswa dan sesuai dengan jadwal yang tertera di Sisfo, tetapi hanya pada jam 1 dan jam 3. Dosen pengajar juga sesuai yang ada di sisfo serta lebih diutamakan dalam kelas uji coba hanya pada tingkat pimpinan, mulai dari Rektor, Warek, Dekan, dan Wadek. Jika pada jam tersebut pejabat yang disebutkan tadi tidak memiliki jam belajar pada hari tersebut maka dapat diperluas pada Kaprodi, Kapus, Direktur dan Wadir para Ketua dan sekretaris lembaga dan para Kepala pusat,” urainya.

Laporan akademik St. Jamilah Amin juga melaporkan jumlah kelas dan rombongan belajar pada masing-masing fakultas untuk perkuliahan semester genap, dengan rincian sebagai berikut: Fakultas Tarbiyah dengan jumlah dosen pengampuh mata kuliah 85 dosen meliputi dosen PNS, 52; CPNS 4; PPNPN 14; LB 15. Jumlah Mata Kuliah 171, jumlah SKS 1212, dan 559 rombongan belajar.

FEBI dengan Jumlah Rombel 375, Dosen PNS : 40 dosen, Dosen PPNPN; 11 dosen, dosen CPNS 15 dosen, Dosen LB : 3 orang. FAKSHI Jumlah Rombel 284, Jumlah Mata Kuliah 272, Jumlah sks 620, Dosen PNS : 36 dosen, dosen CPNS 10, Dosen PPNPN; 4 dosen, Dosen LB : 1 orang.

FUAD dengan jumlah Rombongan belajar 323, jumlah mata kuliah 229, jumlah ruangan kelas 25 dengan dosen pengampu mata kuliah meliputi dosen tetap 33 orang, dosen PPNPN 10 orang, dosen CPNS 13 orang dan jumlah dosen luar biasa 7 orang. (nhk/mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *