Dosen BKI IAIN Parepare Kerja Sama dengan Dosen STAI DDI Parepare Gelar Bimbingan Pranikah

2 نوفمبر, 2022 بواسطة
khaerunnisaihwan

Dosen BKI IAIN Parepare Kerja Sama dengan Dosen STAI DDI Parepare Gelar Bimbingan Pranikah

Humas IAIN Parepare — Dosen Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare, Nurul Fajriani, berkerja sama dengan Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah wal Irsyad (STAI DDI), Putri Dewi melakukan Pendampingan Pranikah : Melalui Pelatihan Asertif dengan menggelar seminar di Balai Ainun Habibie, Ahad (30/11/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Komunikasi Interpersonal pada Calon Pengantin di Kota Parepare” diikuti sekitar 40 orang peserta.

Kegiatan ini dibiayai oleh DIPA IAIN Parepare tahun 2022 dan telah melalui proses seleksi dan dinyatakan lolos sebagai penerima bantuan Pengabdian Masyarakat LP2M IAIN Parepare. Nurul Fajriani sebagai Ketua dan Putri Dewi (Anggota) serta dua mahasiswa BKI Syamsir dan Risdayanti Ase.

Nurul Fajriani mengatakan, kegiatan ini bertujuan membangun kemampuan komunikasi yang baik bagi calon pengantin dengan cara pelatihan perilaku asertif.

“Perilaku asertif adalah melakukan komunikasi dengan orang lain dengan mengungkapkan hal yang diinginkan dan dirasakan dengan jujur sopan dan baik,” kata Fajriani.

Fajriani berharap dari kegiatan itu peserta bisa menjalin proses pernikahan yang baik, menyelesaikan konflik, dan menciptakan keluarga sakinah, mawadah, warahmah (samara), saling memahami satu sama lain, dan tidak ada masalah yang dipendam; semua dikomunikasikan dengan baik.

Selain itu, kata Fajriani, kegiatan ini bisa membuat peserta lebih aware lagi, sebab pentingnya keterampilan berkomunikasi (asertif) , tidak hanya dengan pasangan tapi juga dengan teman, orang tua, dan orang lain. (wh/tin)


khaerunnisaihwan 2 نوفمبر, 2022