Dosen Prodi PMI Berpartisipasi Pameran dan Pelatihan SDGs di Yogyakarta

26 مايو, 2023 بواسطة
mifdahilmiyah

Humas IAIN Parepare- Di Yogyakarta, Kamis (18-25/05/2023), di tengah kegiatan Pameran yang diikuti oleh Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IAIN Parepare, juga berlangsung kegiatan Pelatihan dan Konferensi Perspektif Kelompok Masyarakat dalam Menerjemahkan Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini dihadiri Kaprodi PMI Afidatul Asmar, Dosen PMI A. Nurul Muthmainnah dan Adnan A. Saleh sekaligus Ketua Coloni wilayah Sulawesi.

Pada sesi awal kegiatan, Direktur SuaR Institut Sukartaji sekaligus Pelaksana kegiatan yang berkolaborasi dengan Connecting Local Initiatives (Coloni) menyampaikan bahwa pelatihan Management Knowledge ini bagian penting dalam pemetaan sebuah organisasi, sekaligus menjadi bagian di dalam merumuskan rencana strategis.

Pendapat ini disetujui oleh Kaprodi PMI Afidatul Asmar. "Pelatihan ini semakin memudahkan kampus, khususnya Prodi PMI dalam menentukan prioritas dari setiap kegiatan dan meminimalkan tingkat kegagalan dalam pelaksanaan program kerja," tegas Afidatul.


Konferensi dilaksanakan di Aula Benteng Vredeburg Yogyakarta. Hari pertama, kegiatan dibuka oleh Albert dari WWF Kalimantan yang menjelaskan peran SDGs dalam ekologi, ekonomi, serta sosial budaya. Hadir pula dari Bappenas Setyo Sudiantoro yang memetakan peran institusi mulai dari tingkatan kampus, sekolah, hingga pesantren dalam mendukung 17 Goals SDGs.

Selanjutnya, setiap lembaga mitra yang menyuarakan SDGs menyampaikan program kerja di setiap daerah yang telah dilaksanakan selama lima tahun. Di antaranya, Yayasan Pemulih Nusantara (Muliantara) yang dibentuk di Bandung dan melaksanakan program Kampung Berkelanjutan di Brubuh Papua. Selanjutnya, Club Sahabat Bumi Borneo (CSBB) dengan gerakan kepemudaannya, serta SuaR dengan gerakan perlindungan hutan dan gerakan ekologi di Kalimantan.

Hari kedua, Prodi PMI IAIN Parepare bersama UIN Ar Raniry Aceh, serta Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) berkolaborasi dalam menyampaikan kegiatan perguruan tinggi yang telah mendukung kegiatan SDGs. Muchsin dari UIN Ar Raniry Aceh mengantar presentasi dengan gerakan MBKM berbasis SDGs, Adi dari UMAHA dengan gerakan Hutan Wakaf dan Afidatul  dari PMI IAIN Parepare menawarkan tiga program kurikulum dalam mendukung gerakan SDGs. (afi/mif)

mifdahilmiyah 26 مايو, 2023