Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare Terlibat dalam Workshop Kurikulum Berbasis OBE

8 نوفمبر, 2023 بواسطة
multazam.mansyur

Humas IAIN Parepare--Pada Senin 6-8 November 2023, sejumlah pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare aktif mengikuti Workshop Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS). Acara ini berlangsung di University Hotel, UIN Sunan Kalijaga.

Workshop ini diikuti enam dosen FEBI IAIN Parepare, di antaranya Ketua Program Studi Akuntansi Syariah, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah, Manajemen Zakat dan Wakaf, Perbankan Syariah, serta Pariwisata Syariah. Pimpinan delegasi Dekan FEBI Muzdalifah Muhammadun.


Workshop tersebut bukan hanya melibatkan FEBI IAIN Parepare, tetapi juga melibatkan 126 peserta dari 26 Kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam - Kementerian Agama. Acara dibuka pukul 17.00 WIB dan dihadiri oleh berbagai peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi.

Dr. Afwaidza. M.Ag, selaku tuan rumah dan Dekan FEBI UIN Sunan Kalijaga, dalam sambutannya menekankan bahwa pertemuan AFEBIS dilaksanakan dalam semangat kolaborasi. Ia menyatakan, "Tujuannya untuk menguatkan satu sama lain."

Dekan FEBI, Dr. Muzdalifah Muhammadun, yang juga merupakan salah satu pionir AFEBIS, menegaskan bahwa para Ketua Program Studi yang mengikuti workshop OBE tidak hanya fokus pada output, melainkan juga pada outcome dan impact dari mutu yang ada pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) masing-masing program studi. Dekan juga menyatakan bahwa kedepannya, semua Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dosen akan berbasis pada OBE.

Ketua AFEBIS, Prof. Tulus, menegaskan bahwa keberadaan AFEBIS membawa manfaat besar bagi anggotanya dengan adanya silaturahmi, sinergi, dan pertukaran pengetahuan antar fakultas. Hal ini menciptakan lingkungan kolaboratif yang memperkuat kualitas pendidikan dan penelitian di bidang Ekonomi dan Bisnis Islam.

Sementara itu, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Phill. Al Makin memberikan sambutan yang penuh kehangatan kepada peserta. Dalam sambutannya, Phill menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua peserta dengan cara yang unik. Ia memanggil nama kampus satu per satu, memberikan sentuhan personal dalam acara tersebut. Sebagai penutup sambutannya, Phill menyampaikan pantun dengan candaan yang menghibur peserta. "Buaya darat suka tertawa, selamat datang di UIN Sunan Kalijaga," ujarnya.

Acara pembukaan ditutup dengan keceriaan musik tradisional angklung yang dimainkan oleh perwakilan peserta dari masing-masing kampus, bersama-sama dengan Rektor UIN Sunan Kalijaga, Ketua, dan Pengurus AFEBIS. Dekan FEBI dari IAIN Parepare menjadi perwakilan dalam memainkan angklung dengan tangga nada "Re," menambahkan nuansa keindahan dan kebersamaan dalam perhelatan ini. (mma)

multazam.mansyur 8 نوفمبر, 2023