GALAKAN GERAKAN PRAMUKA: POSKO LIMA SIAP MERAWAT KOMITMEN KEBANGSAAN SISWA DI MIN 3 TANA TORAJA

24 يوليو, 2023 بواسطة
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare - Posko 5 KKN Nusantara Moderasi Beragama melakukan pelatihan kepramukaan di MIN 3 Tana Toraja, Sabtu (22/07/2023). Kegiatan ini dilakukan guna mengasah keterampilan umum para siswa di sekolah tersebut. Di mana kegiatan kepramukaan dapat menjadi wadah untuk siswa membentuk karakter dan menanamkan jiwa kebangsaan melalui kegiatan-kegiatan kepramukaan. 

Selain itu, kegiatan ini menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di setiap jenjang pendidikan sebagaimana ditegaskan dalam Permedikbud 63 tahun 2014 bahwa pendidikan kepramukaan adalah ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik terkecuali peserta didik dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk mengikuti kegiatan kepramukaan.   


Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di MIN 3 Tana Toraja bahwa kegiatan pramuka di sekolah tersebut sempat berjalan namun sekarang sudah tidak aktif atau stuck. Hal ini latarbelakangi karena kurangnya tenaga pelatih. Dengan melihat pentingnya kegiatan pramuka ini bagi siswa, maka mahasiswa KKN NBM membuat sebuah program kerja Kelas Mengajar dimana salah satu subnya adalah melatih pramuka di lembaga pendidikan. Disamping itu adanya kemampuan dari salah satu mahasiswa KKN NBM yang mempunyai latar belakang organisasi kepramukaan menjadi penunjang untuk melakukan pelatihan gerakan pramuka tersebut.     

Nini Safitri salah satu mahasiswa KKNMNB yang menjadi pelatih dalam kegiatan kepramukan ini mengatakan bahwa pramuka sangat penting diajarkan kepada siswa dan siswi. Dengan kegiatan pramuka ini diharapkan dapat memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam diri para generasi muda, baik intelektual, spriritual, sosial dan fisik. 

Hal ini karena pramuka memang tidak hanya mencakup satu aspek saja, tetapi meliputi semua aspek kehidupan. Sehingga sangat tepat bila diajarakan kepada siswa agar diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.      


Kegiatan tersebut dilakukan sekali dalam seminggu, yaitu pada hari Sabtu. Kegiatan pramuka ini mendapat respons positif dari pihak sekolah dan para siswa. Hak ini tampak pada antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan latihan tersebut. "Harapannya dengan adanya pelatihan pramuka ini, kegiatan pramuka di MIN 3 Tana Toraja akan terus berjalan dan melahirkan generasi-generasi yang mampu menjadi pelopor majunya negara Indonesia," harap Nini Safitri. (Tim KKN, fzs/mif)

fikruzzamansaleh 24 يوليو, 2023