IAIN Parepare Hadiri Rapat Kerja Konsorsium Pusat Bahasa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (KPB PTKI) Indonesia 2022 di Bali

3 نوفمبر, 2022 بواسطة
khaerunnisaihwan

IAIN Parepare Hadiri Rapat Kerja Konsorsium Pusat Bahasa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (KPB PTKI) Indonesia 2022 di Bali

Humas IAIN Parepare— Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa IAIN Parepare Hj. Nurhamdah, M.Pd. hadir pada Rapat Kerja Konsorsium Pusat Bahasa PTKI Se-Indonesia yang digelar selama 3 hari, (31/10-2/11/2022) di Denpasar, Bali.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh 32 peserta  perwakilan pusat bahasa dari PTKI se-Indonesia. Ada dua poin utama yang menjadi fokus diskusi konsorsium pada rapat kerja tersebut, yaitu: 1) pengembangan standarisasi kemampuan kompetensi bahasa asing, dan 2) sinergi dan koordinasi Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) KEMENAG RI.

Poin pertama dibahas secara mendalam. Hasilnya, terbentuk tim pembuat soal untuk mengukur kemampuan bahasa asing civitas academica. Hal ini agar soal yang diujikan pada tiap kampus PTKI di Indonesia seragam dalam jenis dan tingkat kesulitannya. Sementara itu, poin kedua dibahas mengenai Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) Kemenag 2022 dengan tujuan menyiapkan kampus-kampus pilihan untuk menjadi host/pelaksana kegiatan PPSL S-2 dan S-3 luar negeri.

Diketahui bahwa UPT Bahasa IAIN Parepare juga berhak mengajukan proposal seperti halnya UIN untuk menjadi _host_ PPSL 2022. Namun, Nurhamdah selaku pimpinan belum mengajukan proposal.

“Kita masih ada beberapa kendala, termasuk akomodasi peserta PPSL dan tenaga pengajar,” terangnya.

Untuk menjadi Lembaga Bahasa Mitra (Host Language Institution) perlu memperhatikan asrama peserta dan juga tenaga pengajar dosen alumni LN sebagai instruktur karena peserta PPSL adalah para dosen pilihan dari berbagai kampus. Kegiatan ini biasanya berlangsung selama 3 bulan.

“Ditargetkan tahun 2023, IAIN Parepare sudah bisa menjadi host, insyaallah,” tutupnya. (nrh/tin)


khaerunnisaihwan 3 نوفمبر, 2022