Kaprodi TBI Presentasi Artikel pada kegiatan Internasional Conference on Islam, Low and Society (INCOILS) III

9 نوفمبر, 2023 بواسطة
saidinhamzah

HUMAS IAIN PAREPARE__Ketua Progran Studi Tadri Bahasa Inggris Haris Sunubi bersama dengan Tim pascasarjana IAIN Parepare ikut meramaikan kegiatan Silaknas Fordipas ke 10 PTKIN dan internasional Conference on Islam, Low and Society, bertempat Griya Persada Hotel Semarang Rabu-jum'at (25-27/10/2023) 


Ikut Hadir 45 Direktur Pascasarjana se-PTKIN dan Prodi, dosen dan Mahasiswa Pascasarjana. Pada kegiatan tersebut Hari Sunubi mempresentasikan artikel dengan judul EFL Teacher' s Mental Health During Online Teachingin Senior High School (Kesehatan Mental Guru EFL Selama Pengajaran Online di Sekolah Menengah Atas) 


Darmawati selaku direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Parepare sangat  mengapresiasi pada prodi lingkup Pascasarjana IAIN Parepare dan terkhusus prodi Tadris Pendidikan Bahasa Inggris yang telah melakukan presentasi di kegiatan Internasional Conference on Islam, Low and Society (INCOILS) III, semoga prodi TBI tambah maju dan berkiprah lebih jauh lagi kedepannya. 


Haris Sunubi menjelaskan bahwa tujuan penelitian yang ia paparkan  untuk mengetahui kesehatan mental guru EFL selama pembelajaran online dalam pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia. Selain itu, ia menguraikan tujuan penelitiannya untuk mengetahui tingkat depresi, kecemasan, dan stres serta menerapkan strategi coping untuk menjaga kesehatan mental selama pembelajaran online.


"Metode penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah angket. Alat ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang kesehatan mental guru selama pembelajaran daring yang terdiri dari empat puluh item yang diadopsi dari Depression, Anxiety, Stress, Scales (DASS)," ujar Haris Sunubi.


Haris Sunubi menjelaskan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa kesehatan mental guru EFL dalam pengajaran online adalah normal. Beberapa guru mengalami kecemasan, stres, dan depresi yang tinggi. Sedangkan, strategi coping kesehatan mental guru EFL selama pembelajaran online adalah bertahan, dan dukungan sosial secara emosional.


Artikel yang telah di presentasi akan dimuat dalam Prociding Internasional, Scopus, Sinta 5 sampai dengan SINTA 1.

saidinhamzah 9 نوفمبر, 2023