LPM Gelar Workshop Pemutakhiran Kurikulum Berbasis OBE

2 مايو, 2024 بواسطة
mahyuddin

Humas IAIN Parepare –Lembaga Penjaminan Mutu pada Pusat Pengembangan Kurikulum  dan SDM sukses menggelar kegiatan workshop pemutakhiran kurikulum berbasis OBE, Senin (29/04/2023) di Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare. 

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yang dimulai pada hari Sabtu, (27/04/2024) melalui zoom meting dan dilanjutkan pada hari Senin, (29/04/2024) secara offline, dan dihadiri oleh pimpinan institut, fakultas, pascasarjana, jajaran LPM, dan ketua program studi tingkat sarjana dan magister lingkup IAIN Parepare.

Workshop ini menghadirkan narasumber Bagus Jati Santoso, P.hD yang merupakan Kasubdit Pengembangan Akademik Institut Teknologi Subaya dan sebagai pakar kurikulum. 

Kegiatan dimulai dengan mensosialisasikan kepada peserta tentang Permenristekdikti No. 53 Tahun 2023 kemudian dilanjutkan dengan pendampingan penyusunan profil lulusan, CPL, bahan kajian, evaluasi kurikulum, pembentukan mata kuliah, penentuan bobot SKS, dan struktur kurikulum yang mengakomodir kegiatan MBKM. 

Selain itu, pada kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi penggunaan aplikasi manajemen kurikulum OBE dan manajemen RPS OBE yang ada pada sevima platform, sehingga memudahkan para ketua prodi melengkapi dokumen RPS berbasis OBE.

Wakil Rektor I H. Saepudin dalam sesi pembukaan mengungkapkan sebuah keharusan bagi setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan pemutakhiran kurikulum bagi setiap prodi.

"Kurikulum telah berbasis OBE ini bukan sekadar memenuhi aturan penilaian akreditasi tetapi yang paling penting memenuhi tuntutan untuk menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome-Based Education (OBE) merupakan suatu pendekatan yang menempatkan pencapaian hasil pembelajaran sebagai fokus utama dalam perancangan kurikulum. Hal pokok yang penting diperhatikan dari pendekatan ini bagaimana kompetensi mahasiswa dapat diukur, dan ada hasil yangg dirasakan baik dosen maupun mahasiswa.

"Saya berharap kegiatan ini bisa segera ditindaklanjuti pada tingkat fakultas, Pascasarjana, dan program studi karena target kita pada Tahun Akademik 2024/2025, kurikulum OBE sudah bisa terimplementasikan, ungkap Saepudin selaku Wakil Rektor I (Mhy/Mif).





mahyuddin 2 مايو, 2024