Mahasiswi IAIN Parepare Juara 3 Lomba MC di Festival Tomaugi

25 فبراير, 2022 بواسطة
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare –Mahasiswa IAIN Parepare terus menorehkan prestasi. Baik di bidang akademik maupun non akademik. Seperti yang diraih oleh Erawati, mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2018.

Ia berhasil memenangkan lomba MC yang dilaksanakan oleh Guru Ikatan Bahasa Daerah Kota Parepare, Senin – Ahad ( 21-27 Februari 2022) di balai Ainun Habibie.

Pada lomba yang bertajuk Festival Tomaugi, “Pitungesso Mabbicara Ugi” itu, Erawati berhasil menyabet juara 3 pada Kategori Umum.

“Senang dan bangga bisa juara, karena ini memang passion saya sejak lama,” kata Era, sapaan akrab Erawati.

Ia mengaku mengikuti lomba MC untuk mengasah keterampilannya berbicara di depan umum.

“Alhamdulillah, motivasi saya mengikuti Lomba MC bahasa Bugis, yakni ingin mengembangkan bakat, memoles kembali bakat dalam dunia MC. Apalagi dalam berbahasa Bugis ingin melatih lebih dalam lagi dalam berbahasa Bugis,” ungkapnya.

Motivasi lainnya, Era ingin memperlihatkan kepada kalangan muda mudi bahwa bahasa Bugis ini adalah warisan budaya yang harus dijaga dan tidak boleh dihilangkan, apalagi di kalangan suku bugis.

Era berpesan kepada para teman-temannya khusus mahasiswa PAI untuk terus belajar mengasah bakat dan tidak mudah puas dengan apa yang telah diperoleh selama ini.

“Pesan kepada teman seprodi, terkhusus kepada adik-adikku Mahasiswa PAI, jangan biarkan bakat kalian tenggelam begitu saja. Teruslah memolesnya dengan cara berani mengikuti lomba sesuai bakat kalian,” ujar Era.

Ia mengatakan, jika menjadi juara, maka jangan cepat puas. “Teruslah maju dan berlatih tanpa kenal lelah,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Parepare, Rustam Effendi mengaku bangga dan memberi apresiasi atas capaian prestasi mahasiswanya.

“Semoga menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lain untuk lebih giat mengikuti kegiatan. Baik tingkat lokal maupun nasional,” kata Rustam Effendi.

Ia mengatalan, manfaat mengikuti kegiatan lomba Master of Ceremony (MC) itu mahasiswa akan memahami teknik dan etika MC.

“Tentunya akan memahami teknik implementasi kemampuan komunikasi secara efektif sehingga bisa menjadi MC yang baik pada berbagai jenis acara,” ujar Rustam.

Prinsipnya, lanjut Rustam, pengelola Program Studi selalu mendukung dan memberi support kepada mahasiswa dalam mengembangkan karirnya. (aen/alf)


Nur Aeni K 25 فبراير, 2022