MoA Prodi PIAUD Bersama TK dan RA Se-Kota Parepare, Buka Wadah Praktik Bagi Mahasiswa

18 أغسطس, 2022 بواسطة
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare— Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melakukan pendantanganan Memorandum of Agreement (MoA) bersama Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) yang ada di Kota Parepare, Kamis (18/8/2022).

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Rektor IAIN Parepare, Wakil Rektor I Bidang Akademik & Pengembangan Kelembagaan, dan Dekan Fakultas Tarbiyah.

Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Zulfa, M.Pd. menjelaskan penandatanganan MoA antara Prodi PIAUD dan Kepala Sekolah TK dan RA se-Kota Parepare merupakan langkah awal pelaksanaan kurikulum MBKM untuk Prodi PIAUD.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Sekolah TK dan RA atas perkenannya bekerja sama dengan kami untuk menerima mahasiswa kami untuk magang dalam bentuk asistensi mengajar di sekolah mereka. Kami berharap kerja sama ini bisa membawa dampak yang positif untuk pihak kampus dan pihak sekolah,” harapnya.

Ketua Prodi PIAUD Novita Ashari menyebutkan mahasiswa semester 5 akan mengikuti program MBKM tersebut. Kegiatan asistensi akan dilakukan oleh mahasiswa di satuan PAUD selama 1 semester penuh.

“Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat untuk turut serta mengajar dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di lembaga PAUD dan membantu dalam pemerataan kualitas pendidikan,” jelas Novita.

Sementara Rektor IAIN Parepare Dr. Hannani, M. Ag. menginginkan para kepala sekolah atau guru-guru TK/RA dapat menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bagi mahasiswa PIAUD.
“Kami menginginkan Ibu-Ibu itu menjadi dosen bagi anak-anak kami, tetapi modelnya itu langsung mereka praktik di tempat Ibu sambil mengajar,” ucapnya.

Menurut Rektor, praktik sangat dibutuhkan untuk memperkaya pengalaman mahasiswa, sehingga ketika setelah menyelesaikan pendidikan, para alumni dapat mengajar bahkan membangun RA/TK di kampungnya masing-masing.

Selain itu, Rektor menyebut ilmu yang diajarkan oleh pihak RA/TK ke mahasiswa dapat menjadi amal jariyah. (aen/Tin)


Nur Aeni K 18 أغسطس, 2022