PWN Dibuka, Menag: Bukan Sekadar Tepuk Tangan

22 مايو, 2023 بواسطة
Hayana

Humas IAIN Parepare -- Alat musik tradisional Gorontalo Palo-palo dibunyikan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Pemukulan alat musik tersebut sebagai tanda dibukanya secara resmi Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) ke 16 tahun 2023.

PWN ini berlangsung di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo mulai tanggal 22 sampai 27 Mei 2023. Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani dalam laporannya mengungkapkan PWN tahun ini diikuti sebanyak 1.200 peserta dari berbagai kontingen se-Indonesia.

“PWN diikuti oleh peserta sebanyak 1.200 peserta yang berasal dari 68 Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia dan 4 Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Gorontalo,” ucapnya.



Sedangkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut PWN kali ini harus dijadikan sebagai gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman. Menurutnya, pramuka bukan hanya sekadar kegiatan tepuk tangan belaka.

Menag juga mengatakan, tema yang diusung oleh panitia menjadi tantangan sekaligus membutuhkan pembuktian setiap insan pramuka.

Diketahui, tema PWN tahun 2023 yaitu Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam bingkai Moderasi Beragama. Racana IAIN Parepare sendiri juga turut serta dalam kegiatan PWN ini. (hyn/alf)


Hayana 22 مايو, 2023