Kolaborasi Tadris IPS dan MGMP Pendidikan IPS, Ciptakan Buku Teks IPS Berbasis Kearifan Lokal

3 November, 2021 by
webadmin1

Humas IAIN Parepare— Tadris IPS menyelenggarakan Workshop Buku Teks IPS Berbasis Kearifan Lokal, Sabtu (30/10/2021). Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Ketua Prodi Tadris IPS, Dosen Tadris IPS, Ketua dan Anggota MGMP Kota Parepare, dan Mahasiswa Tadris IPS. Acara yang dilaksanakan di ruang seminar Fakultas Tarbiyah tersebut turut dihadiri Prof. Dr. Nana Supriatna, M. Ed. sebagai narasumber lewat zoom.


Workshop ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Kerjasama antara Prodi Tadris IPS dan MGMP Pendidikan IPS Kota Parepare yang melakukan kolaborasi dalam menyusun buku chapter yang berjudul Mobilitas Sosial Masyarakat Maritim Kota Parepare.

Buku chapter ini terdiri dari 8 BAB yang membahas mulai dari sejarah mobilitas masyarakat Kota Parepare, kondisi geografis, kegiatan perekonomian, terbentuknya multiculturalism, sikap toleransi masyarakat, interaksi sosial, dan tata kelola masyarakat pendatang.

Dalam setiap BAB melibatkan kolaborasi antara dosen Tadris IPS, guru IPS, dan mahasiswa Tadris IPS. Buku ini nantinya akan menjadi buku pegangan guru IPS di Kota Parepare dalam mengajar di kelas.

Dekan Fakultas Tarbiyah H. Saepuddin dalam sambutannya mengapresiasi kolaborasi antara prodi Tadris IPS dan MGMP Kota Parepare dalam penyusunan buku chapter ini.

“Saya berharap kerjasama ini terus berlanjut untuk pengembangan Prodi Tadris IPS dan MGMP Kota Parepare dalam mewujudkan tridarma perguruan tinggi dan dapat menghasilkan produk-produk ilmiah lebih banyak lagi sebagai bahan ajar baik untuk siswa maupun mahasiswa,” ungkapnya.


Pada kegiatan tersebut Prof. Nana Supriatna dalam penyajian materinya membedah isi buku chapter tersebut, mulai dari kualitas materi, permasalahan, bahasa yang digunakan, hingga kebermanfaatannya. (Aras/Tin)

in News
webadmin1 3 November, 2021