Kunjungan Industri Mahasiswa Ekonomi Syariah ke PT. Surya Pangan Indonesia: Membuka Wawasan Bisnis Syariah

27 June, 2023 by
multazam.mansyur

Humas IAIN Parepare -- Dalam rangka mengaplikasikan teori yang diperoleh dari Praktikum Bisnis Syariah, sebanyak 59 mahasiswa semester 6 Program Studi Ekonomi Syariah melakukan kunjungan dan studi ke PT. Surya Pangan Indonesia (SPI) pada Minggu (25/6/2023). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Memorandum of Understanding (MOU) antara IAIN Parepare dengan SPI yang telah dilakukan beberapa bulan lalu pada acara Outlook Ekonomi Syariah.

Dalam kunjungan ini, mahasiswa dan dosen pengajar diterima langsung oleh Manager Farm Muhammad Qadri Munzir, S.Pt dan dua orang staf bagian kepala kandang dan admin. Acara dimulai dengan pertemuan di aula yang telah disiapkan oleh pihak SPI, dimana Muhammad Qadri Munzir memaparkan materi mengenai "Manajemen Pemeliharaan Ayam Kampung Silangan". Setelah pemaparan materi, sesi tanya jawab pun dilakukan. Pada sesi tersebut, mahasiswa dengan antusias mengajukan pertanyaan terkait kisah sukses perusahaan, kemitraan perusahaan SPI, dan strategi pemasaran hasil pembibitan ayam. Setelah sesi tanya jawab, dilakukan penyerahan cenderamata kepada SPI.


Selanjutnya, mahasiswa diajak untuk melihat proses pembibitan ayam kampung mulai dari tahap kecil hingga siap untuk dijual. SPI menginformasikan bahwa pangsa pasar utama mereka terdapat di Makassar dan beberapa daerah lainnya. Pemasaran ayam dilakukan dalam dua bentuk, yaitu ayam hidup dan ayam beku. Dalam penjelasan SPI, terungkap bahwa biaya yang dikeluarkan untuk ayam beku lebih tinggi dibandingkan dengan ayam hidup karena melibatkan proses penyembelihan dan pembekuan.


Kunjungan ini memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mempelajari proses bisnis secara langsung dan mendapatkan panduan langsung dari ahlinya. Dosen Pengampu Praktikum Bisnis Syariah Misdar mengungkapkan kebanggaannya terhadap antusiasme dan partisipasi mahasiswa dalam kunjungan ini. "Saya harap pengalaman ini dapat memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai praktik bisnis syariah kepada mahasiswa," ujar Misdar.

Dengan berakhirnya kunjungan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu mengaplikasikan teori yang telah mereka pelajari dalam situasi nyata di dunia bisnis, serta menjadikan pengalaman ini sebagai modal berharga dalam mengembangkan karier mereka di masa depan. (mma)

in News
multazam.mansyur 27 June, 2023