Mispala

24 December, 2023 by
Hayana

Humas IAIN Parepare--- Mahasiswa Islam Pecinta Alam (MISPALA), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menyelenggarakan pembukaan kegiatan wisata alam yang ke VII. Bertempat di Balai Seni IAIN Parepare, Jumat(22/12/2023).

Merawat Ekosistem Sebagai Warisan Untuk Generasi merupakan tema dari kegiatan ini. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari, mulai dari ju’mat- senin  22-25 Desember 2023 di Dusun dante lemo, Desa Latimojong, Kab. Enrekang. Adapun yang hadir dalam pembukaan kegiatan ini yaitu, DEMA-I, Ketua umum Ormawa Mahasiswa Islam Pecinta Alam (MISPALA), Para dewan senior, dan tentunya peserta dari kegiatan tersebut.

Menurut laporan dari ketua panitia M. Fadli tema kegiatan wisata alam ini, karena adanya pandangan bahwa berwisata selalu merusak alam, dan kehadiran tema ini supaya wisata alam ini bisa menjadi wisata alam berbasis peduli lingkungan.

“Diangkatnya tema ini juga karena bagaimana caranya kehadiran wisata alam tersebut dapat merubah mainset  orang berwisata, seperti yang kita ketahui bahwa mainset orang berwisata itu membuang sampah sembarangan, nah itu tidak sama sekali diperbolehkan begitupun juga karena dapat merusak alam, bagaimana bisa alam ini menjadi bersih, alami menyatu dengan wisata alam tersebut, “ ujarnya.


Di laksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat setempat untuk tetap menjaga kelestarian alam, serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya melestarikan lingkungan hidup yang aman dan bersih. Selain berdampak positif dan mengembangkan mahasiswa, Ormawa Mahasiswa Islam Pecinta Alam (MISPALA) pastinya memiliki nilai-nilai yang mereka pegang teguh dalam melestarikan alam, salah satunya meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

“Harapannya saya semoga yang menjadi kekurangan dari kegiatan ini bisa kita perbaiki di kegiatan ini kedepannya, kemudian dapat bernilai positif bagi peserta dan masyarakat setempat. Semoga adanya kegiatan ini kita dapat membantu masyarakat plosok-plosok yang memang tempatnya itu berpotensi adanya wisata dan kedepannya bisa kita ajak kerja sama dari pihak-pihak pemerintah maupun dari tokoh-tokoh masyarakat setempat,” harap M. fadli selaku ketua panitia.

Sementara itu, ketua umum Ormawa Mahasiswa Islam Pecinta Alam (MISPALA) Muh. Yani mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini yang termasuk peserta Yaitu berjumlah 26 orang, diantaranya itu terdiri dari beberapa siswa SMA/MAN  dan selebihnya itu dari anggota Ormawa Mahasiswa Islam Pecinta Alam (MISPALA) itu sendiri.

“semoga kegiatan wisata alam ini akan terus dilaksanakan di setiap tahunnya, diharapnya juga dapat memberiukan manfaat bagi mahasiswa dan kampus IAIN Parepare,” harapnya, lagi.


in News
Hayana 24 December, 2023

Read Next
Senam