Pertama, Fakultas Tarbiyah Laksanakan Rapat Akademik

21 August, 2023 by
Hayana

Humas IAIN Parepare--Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare melaksanakan rapat akademik tahun ajaran 2023/2024 di Perpustakaan Lantai 5, Senin (21/8/2023). Rapat akademik Tarbiyah dihadiri oleh Rektor IAIN Parepare, Warek 1 dan 2, Kabiro, Dekan Tarbiyah, Ketua LPM, Wadek 1 Tarbiyah, Kepala Mahad Al-Jamiah, Ketua Prodi lingkup Tarbiyah, dosen, dan tenaga pendidik di Tarbiyah. Rapat akademik yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 Wita tersebut dimulai dengan sambutan dari Rektor IAIN Parepare. Dalam sambutannya Rektor IAIN Parepare mengimbau kepada seluruh civitas academica Tarbiyah untuk lebih rajin lagi dalam melaksanakan tugas. Pada kesempatan tersebut, Rektor IAIN Parepare mengapresiasi  keberhasilan Program Intensifikasi  Bahasa yang dilakukan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

“Saya berharap program studi yang lain, juga membuat program pendampingan seperti ini karena hasilnya jelas,” ungkap rektor.


Selanjutnya, pemaparan dari Wakil Dekan 1 Tarbiyah terkait kondisi fakultas Tarbiyah. Pada kesempatan tersebut, Bahtiar, M.Ag. menyampaikan jumlah rombel dan dosen yang mengampuh matakuliah.

“Untuk periode ganjil ini, kita masih menggunakan dosen tetap homebase, dosen lintas, dan dosen LB,”ungkapnya.

Pada rapat akademik tersebut beberapa dosen menyampaikan pendapat dan sarannya terkait kepenasihatan akademik, bimbingan skripsi, waktu perkuliahan, tempat perkuliahan, dan peralatan perkuliahan.

“Sepertinya perlu ada regulasi yang mengatur antara tugas pembimbing 1 dan pembimbing 2 agar tidak tumpang tindih,” ungkap Munawir Dosen PPPK dari Prodi Bahasa Inggris. Lebih lanjut, ia mengharapkan agar dosen pembimbing akademik bisa ikut memberikan bimbingan skripsi/bimbingan karya tulis ilmiah kepada mahasiswa bimbingan akademiknya.

“Kalau perlu nanti dibuatkan lomba penulisan Karya Tulis Ilmiah.  Agar penasihat akademik lebih bersemangat membimbing mahasiswa,”tambahnya.

Sementara itu, Dr. Mujahidah Dosen Tadris Bahasa Inggris memberikan masukan agar para dosen memiliki komitmen untuk melaksanakan aturan karena aturan tersebut dibuat bukan dilanggar.

“Jika kita semua punya komitmen untuk melaksanakan tugas kita, maka tidak akan ada masalah,”ungkapnya. Menanggapi hal tersebut Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Zulfa, M.Pd. mengajak para dosen dan tendik untuk bersinergitas untuk mengembangkan Fakultas Tarbiyah. Terkait, masalah peralatan perkuliahan Dekan Tarbiyah menyampaikan bahwa hal tersebut telah ditangani oleh pihak yang terkait. Sementara itu, Wakil Dekan menambahkan terkait buku konsultasi akademik/kontrol yang akan segera dibagikan. Buku konsultasi akademik tersebut akan menjadi salah satu media untuk mengontrol aktivitas pembimbing akademik dan mahasiswa. Selain, itu Bahtiar juga menyampaikan bahwa akan ada google form yang akan diisi oleh ketua rombel setiap kali perkuliahan sebagai upaya mengawal pengawasan perkuliahan oleh prodi/fakultas

Rapat akademik Fakultas Tarbiyah berakhir pada pukul 12.41 Wita, setelah Ketua LPM IAIN Parepare membacakan hasil survei kepuasan, ada beberapa poin yang menjadi perhatian, termasuk keramahan dan pelayanan tendik.

in News
Hayana 21 August, 2023