Undang Prof. Hamdanah Said, Tarbiyah Award 2023 gelar Talkshow Pendidikan

8 November, 2023 by
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Event tahunan Tarbiyah Award yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah telah resmi dibuka oleh Wakil Rektor 1 IAIN Parepare di gedung Balai Seni, Selasa (7/11/2023). 


Kegiatan Pembukaan Tarbiyah Award ini juga dirangkaikan dengan Talkshow Pendidikan yang mengusung tema "Mewujudkan Merdeka Berpikir dan Berkarya dalam Nuansa Islami serta Lokal Wisdom untuk Membentuk SDM yang Unggul, Moderat, dan Inovatif".


Panitia menghadirkan Prof Hamdanah Said sebagai pembicara pada talkshow tersebut. Ia  salah satu Guru Besar bidang Pendidikan Islam IAIN Parepare. Selain sebagai akademisi pendidikan di IAIN Parepare, jejak kariernya juga sangat nyata di dunia sosial keagamaan. Tercatat, ia sebagai salah satu aktivis perempuan Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Parepare.




Dalam materinya, Hamdanah Said mengangkat judul sesuai tema kegiatan. Di awal, ia menekankan betapa pentingnya menyadari potensi manusia sebagai wujud kesadaran berpikir. "Mengapa mewujudkan merdeka berpikir dan berkarya itu penting? Sebab kita telah diberikan akal, pikiran, berbagai kemampuan oleh Allah SWT sebagai potensi yang mesti disadari dan disyukuri. Jika potensi ini disadari dan dimaksimalkan, dunia pendidikan kita dapat melahirkan generasi yang lebih baik," paparnya. 


"Dalam Al Qur'an juga jelas menuntut manusia untuk selalu berpikir agar tak tergerus zaman. Juga banyak dijelaskan tentang penggunaan akal dan logika berpikir. Seperti di Surah Al Baqarah dan Al-An'am, seperti Afala Tatafakkarun, Afala ta'qilun, La'allakum ta'qilun, dan masih banyak lagi," lanjutnya. 


Di akhir paparannya, Hamdanah Said menyimpulkan bahwa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan merdeka berpikir dan berkarya. Pertama, paham tujuan berpikir dan berkarya. Kedua, senantiasa refleksi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Ketiga, kemandirian dalam segala hal. Keempat, aktif berkolaborasi. Kelima, mampu beradaptasi dengan segala perubahan. (mm/....)

in News
muajizmuallim 8 November, 2023