Dua Dosen IAIN Parepare Lolos Seleksi AICIS ke-22 Tahun 2023

2 مايو, 2023 بواسطة
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare -- Dua orang dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare menjadi pembicara open Panel pada the 23 Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) tahun 2023. Dua orang dosen tersebut yakni Musmuliady dan Adhitia Pahlawan Putra.

AICIS yang merupakan ajang tahunan berkumpulnya para praktisi peneliti dan akademisi nasional maupun internasional di bidang islamic studies ini diselenggarakan di Surabaya selama 4 hari. Mulai dari tanggal 2 sampai 5 Mei 2023. Temanya, "Recontextualizing Fiqh for Equal Humanity and Sustainable Peace".

Musmulyadi akan membahas tentang Integrating Fiqh Principles In The Sustainable Development Goals (SDGs) Economy: Increasing Sustainable And Inclusive Economic Growth.

Sedangkan Aditya akan membahas materi :The Dynamic of Sharia Law in Indonesia: A Contextual Problem of Fatwa Sharia Tourism". 

Musmuliady sekaligus Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat ini mengatakan perhelatan ilmiah bergensi ini diikuti oleh para akademisi melalui seleksi yang begitu ketat.

"Syarat utama mengikuti konferensi akademik ini adalah harus mengirimkan Fullpaper yang diseleksi oleh panitia AICIS," ungkap Musmuliady. 

Menurutnya, paper yang dikirim kemudian dilakukan review, hasil review naskah yang telah dikirim bisa dilihat pada masing masing akun peserta. Jadi yang memenuhi syarat maka itu yang lulus dan akan memaparkan makalah hasil risetnya di AICIS.

Musmuliady juga mengungkapkan antusiasmenya dalam mengikuti konferensi bergensi ini. "Alhamdulillah, saya diberikan kesempatan mengikuti konferensi tingkat internasional yang diselenggarakan kementerian agama. Acara tahunan ini sebagai ajang temu pemikiran para dosen dari berbagai kampus PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam)," tuturnya. 

Tidak kalah membanggakannya, Adhitia sebagai peserta kedua dari IAIN Parepare, mengungkapkan bahwa keikutsertaan dalam konferensi ini merupakan pengalaman perdananya. Ia pun mengungkapkan kegembiraannya bisa lolos seleksi AICIS tahun 2023.
Semoga ke depannya dosen IAIN Parepare bisa semakin kompetitif khususnya dalam bidang penulisan karya ilmiah. Baik di tingkat nasional maupun tingkat international. (Aen/alf)

Nur Aeni K 2 مايو, 2023