Review Kurikulum Tahun 2021, Prodi KPI Undang Reviewer Lintas Stakeholder

16 ديسمبر, 2021 بواسطة
webadmin1

Humas IAIN Parepare– Senin, (13/12/2021) dilaksanakan kegiatan review kurikulum Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare.


Kegiatan tersebut menghadirkan reviewer Dr. H. Najahan Musyafak, M.A. akademisi UIN Walisongo yang juga Wakil Ketua DPP Askopis, Ir. Suwardi Thahir, M.I.Kom, Penasihat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Selatan, Muhammad Ibrahim Halim, S.Pt, M.I.Kom. selaku Kepala Pemberdayaan Masyarakat Disdapur Sulawesi
Selatan, serta Firdaus Masyhur, S.Kom., M.Ti, Peneliti BBPSDMP Kementerian Kominfo RI.


Kegiatan dihadiri oleh Wakil Dekan I FUAD Dr. Iskandar, M.Sos.I, Ketua Program Studi KPI Nurhakki, S.Sos., M.Si dan para dosen di lingkup prodi KPI. Dalam kegiatan ini, prodi KPI juga mengundang tim borang prodi dan tim gugus mutu fakultas.


Kegiatan diselenggarakan untuk memperoleh masukan terhadap kurikulum KKNI yang telah dikembangkan.

Kegiatan tersebut melahirkan beberapa catatan yaitu 1) visi misi program studi perlu dibuat secara eksplisit dan terukur dengan mempertimbangkan kajian social media management, social media analitic, contact center management, personal branding berbasis digital serta mindset digital, 2) perlu kerjasama prodi dan lembaga penyiaran publik atau pers guna mendukung ketercapaian profil lulusan sebaga jurnalis. Tidak hanya itu, kerjasama juga diarahkan dengan LSPTIK yang bergerak di bidang multimedia seperti editor, videografer, dan desain grafis, sehingga mahasiswa mahasiswa bisa memiliki ijazah dan sertifikat profesi.
3) bergerak di bidang sebagai tambahan, diperlukan mata kuliah atau sub mata kuliah tentang dasar-dasar pengenalan coding (bahasa pemprograman) untuk memicu mahasiswa mengimplemntasikan mata kuliah teknologi informasi.

Ketua prodi KPI, Nurhakki menyampaikan bahwa usulan para stekholder akan ditindaklajuti, sebab salah satu misi prodi KPI adalah bisa melahirkan sarjana dengan kompetensi profesi.

Terkait hal tersebut, prodi KPI tengah mencari cara melalui peningkatan kemitraan dengan lembaga lain.

“Tetapi semua itu perlu support kebijakan pimpinan. Semoga dipertimbangkan sebab roadmap kompetensi lulusan harus betul-betul dituntaskan, sehingga mahasiswa juga memiliki motivasi memenuhi standar-standar tersebut sebelum lulus”, tambahnya.

Kegiatan berjalan dengan lancar sesuai agenda. Dengan adanya kegiatan review kurikulum yang telah didukung oleh masukan para lintas stekholder, diharapkan implementasi kurikulum yang up to date sesuai kebutuhan era masyarakat digital dapat terlaksana dengan baik (Mhy/Tin).

webadmin1 16 ديسمبر, 2021