Sekretaris LP2M IAIN Parepare Penguji Eksternal Disertasi di UIN Makassar

13 فبراير, 2024 بواسطة
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare -- Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare, H Muhiddin Bakri bertindak sebagai penguji eksternal dalam ujian disertasi promosi doktor Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. 


Pimpinan sidang wakil direktur Pascasarjana Hasyim Haddade,  Muhammad Saleh Tajuddin sebagai promotor/penguji. H. Nurman Said Kopromotor 1 dan Hj. Gustia Tahir. Sebagai penguji Utama, H. Abdurrahman Sakka, H. Andi Aderus dan Syahrir Karim. 

Ujian ini diikuti oleh mahasiswa atas nama Aliman dengan judul disertasi "Konsep Demokrasi Islam Transedental Muhammad Iqbal" pada Program Studi Dirasah Islamiyah Konsentrasi Pemikiran Islam.



Ujian disertasi ini berlangsung pada Senin (12/2/2024) di Kampus 3 UIN Alauddin Makassar. 


Dalam disertasinya, Aliman membahas pemikiran Muhammad Iqbal tentang demokrasi Islam yang berlandaskan pada konsep transendensi.


Muhiddin Bakri dalam pengujiannya memberikan apresiasi kepada Aliman atas disertasinya yang mengangkat tema yang sangat relevan dengan kondisi demokrasi di Indonesia saat ini.


“Disertasi ini sangat menarik dan relevan dengan kondisi demokrasi di Indonesia saat ini. Pemikiran Muhammad Iqbal tentang demokrasi Islam transedental dapat menjadi alternatif solusi untuk mewujudkan demokrasi yang berkeadilan dan bermartabat,” ujar Muhiddin.




Lebih lanjut, Muhiddin memberikan beberapa masukan kepada Aliman untuk menyempurnakan disertasinya.

“Secara keseluruhan, disertasi ini sudah cukup baik. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, yang pertama bahwa menjelaskan bahwa konsep demokrasi islam tidak murni pemikiran Muhammad Iqbal, hal ini sudah banyak disampaikan oleh para ulama tentang konsep syura’. Selanjutnya hal ini terlihat prinsip demokrasi islam transendental Muhammad Iqbal hampir sama dengan prinsip-prinsip syura' yang dikemukakan oleh para ulama seperti Al Musawat (persamaan), Al Hurriyah (kebebasan), Al Adalah (Keadilan), Al Ukhuwah (Persaudaraan) dan Al Musyawarah (Demokrasi),” tutup Muhiddin.



Pada akhirnya, Aliman dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Ujian disertasi ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. (fzs/alf)

fikruzzamansaleh 13 فبراير, 2024