Seminar dan Parade Jurnalistik Nasional, Sebelas Perguruan Tinggi Terlibat

20 مايو, 2021 بواسطة
webadmin1

IAIN Parepare – Program Studi Jurnalistik Islam IAIN Parepare menyelenggarakan Seminar Nasional yang dirangkaikan dengan kegiatan Parade Jurnalistik 2021. Kegiatan ini mengangkat tema ” Jurnalistik untuk Peradaban Demokrasi dan Inovasi Komunikasi “.

Nahrul Hayat M.I.Kom selaku ketua panitia pada kegiatan ini memaparkan beberapa alasan terkait tema kegiatan ini, salah satu alasannya ialah Pers atau Jurnalistik merupakan instrumen pembangunan bangsa. Fungsi jurnalis memberikan informasi, memberikan edukasi serta menghibur masyarakat.

Pembukaan Seminar Nasional ini dihadiri Wakil Rektor III IAIN Parepare Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Dr. H. Muh Saleh M.Ag yang sekaligus membuka kegiatan tersebut.

“Prodi Jurnalistik merupakan prodi baru di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, namun mampu menyelenggarakan kegiatan seminar nasional yang sangat menunjang akreditasi,” jelas Dr. Muhammad Saleh, M.Ag.

Wakil Rektor III juga memaparkan bahwa kegiatan Parade Jurnalistik ini selain bertujuan untuk memacu minat dan bakat mahasiswa dalam berkarya, juga dapat menjadi momentum untuk mengenalkan Prodi Jurnalistik Islam kepada masyarakat.


Pembukaan acara juga dihadiri Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Dr. Iskandar M.Sos.I, Wakil Dekan II Dr. Hj. Muliati Sesady, M.Ag., dan Ketua Prodi Jurnalistik Islam IAIN Parepare Qadaruddin M.Sos.I.

“Semoga Parade Jurnalistik ini meningkatkan keterampilan mahasiswa dan menghasilkan karya-karya terbaik,” harap Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I.

Acara ini menghadirkan Ketua Prodi dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dan kalangan mahasiswa dari berbagai kampus. Kegiatan ini menggunakan dua metode, yakni online (Digital Zoom) dan offline seminar bertempat di Gedung Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare.

Seminar Nasional Jurnalistik Islam diselenggarakan, Kamis (20/05/2021) diisi oleh tiga pemateri yang profesional di bidangnya masing-masing, yaitu Muh. Idham Ama, M.I.Kom (Fotografer Harian Fajar) Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si (Penulis dan Pakar Komunikasi Politik Indonesia) Muh. Ridha, S.Hi, M.A (Penulis dan Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Alauddin Makassar).


Setelah seminar, kegiatan akan dilanjutkan dengan Parade Jurnalistik Nasional dengan beberapa item lomba yang diikuti 11 perguruan tinggi se-Indonesia. Final lomba yang akan diselenggarakan, Jumat-Sabtu (28-29/05/ 2021) mendatang.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan alasan untuk mempererat hubungan tali siraturahmi dari kalangan pegiat komunikasi maupun mahasiswa yang berkecimpung di bidang komunikasi, memberi pemahaman terkait Jurnalistik dan Komunikasi serta menjadi bagian dari promosi Program Studi Jurnalistik.

Kegiatan ini mendapat dukungan positif dan apresiasi dari mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi se-Indonesia karena kategori lomba diikuti seratusan peserta dari berbagai kampus.
“Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada kami mahasiswa Jurnalistik untuk lebih meningkatkan kemampuan kami di bidang Jurnalistik. Saya berharap kegiatan ini menjadi awal bagi kami lebih profesional pada pilihan prodi yang kami geluti,” ujar Nurannisa Fitriani salah satu mahasiswa Jurnalistik Islam IAIN Parepare. (hes/mif)

webadmin1 20 مايو, 2021