Ukir Prestasi Membanggakan, Tim Debat IAIN Parepare Juara 1 Nasional Festival KIPNAS 2023

5 نوفمبر, 2023 بواسطة
dirgaachmad

Humas IAIN Parepare - Tim debat IAIN Parepare kembali mengukir prestasi membanggakan dalam Kompetisi Debat Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional Festival KIP-Kuliah Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bidikmisi dan KIP- Kuliah UIN Alauddin Makassar. Tim debat IAIN Parepare beranggotakan Nur Manda Sari (Prodi HPI), Andi Arnita Alimuddin (Prodi MKS), dan Resky Karty Kahar (Prodi HPI) yang didampingi oleh para alumni yang juga pernah mengharumkan almamater IAIN Parepare di kancah debat nasional diantaranya Wiwin, Muhammad Andri Alvian, Nur Misyuari Maddolangeng, dan Muh. Aslam Syah.



Kompetisi Debat Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional Festival KIP-Kuliah Nasional 2023 terdiri dari 4 babak yaitu penyisihan, 10 besar, semifinal, dan final. Pada babak penyisihan, tim debat IAIN Parepare berhadapan dengan puluhan tim debat yang berasal dari kampus ternama seperti Politeknik Negeri Medan, Universitas Tidar, Universitas Muhammadiyah Sinjai, STAI Yapis Takalar, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, dan lain-lain. Kemudian berhasil lolos ke top 10 besar pada urutan ke 3 setelah lolos secara online melalui take video debat. 


Dibabak 10 besar tim debat IAIN PAREPARE berhadapan dengan tim debat dari STAI DDI Sidrap. Adapun mosi yang diperdebatkan yaitu “Dewan ini menolak tren couplepreneur. Couplepreneur adalah istilah untuk pasangan romantis yang bekerja bersama sebagai mitra dalam bisnis atau usaha”. Tim debat IAIN Parepare yang menduduki standing position kontra berhasil memenangkan perdebatan dan lolos ke babak semifinal dengan memperoleh poin tertinggi di urutan tertinggi. 


Dibabak semifinal tim debat IAIN Parepare berhadapan dengan tim debat dari Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Adapun mosi yang diperdebatkan yaitu “Dewan ini akan mewujudkan adanya penetapan perjanjian pranikah sebagai syarat utama sebelum menikah”. Tim debat IAIN Parepare yang menduduki standing position Pro berhasil memenangkan perdebatan dibabak semifinal dengan skor Victory Point 3-0. 


Pada babak final tim debat IAIN Parepare berhadapan dengan tim debat Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, dan tim debat IAIN Parepare dinyatakan sebagai juara setelah berhasil memperoleh kemenangan dengan skor victory poin 3-0 yang berhasil mengantarkan Tim debat IAIN Parepare menjadi juara 1 dan Nur Manda Sari sebagai Best speaker.

Nurmandasari salah satu anggota tim debat, saat dikonfirmasi merasa bangga dengan prestasi yang diraihnya.

"Alhamdulillah, rasanya haru dan bersyukur, tentu menjadi juara 1 dan best speaker bukan hal yang mudah, saya merasa bangga bisa sampai di titik ini, tidak lepas dari dukungan orang tua, tim kakak-kakak coach stadium, dosen, semua pihak kampus yang sudah mensupport serta diri sendiri yang sudah berusaha dan bisa diajak bekerja sama dengan baik. Semoga bisa terus konsisten dan lebih baik lagi ke depannya," tutur Manda.

Sementara, Nur Misyuari sebagai salah satu pendamping tim debat IAIN Parepare menyampaikan keberhasilan tim debat ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak terutama Rektor IAIN Parepare.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor beserta jajarannya, pihak fakultas beserta jajarannya,  serta seluruh pihak yang telah membantu kami dalam mengikuti kompetisi debat kali ini. Tak lupa pula, saya ucapkan terima kasih kepada Student Debate Forum Community (STADIUM), rumah bagi kami para debaters. Setiap keberhasilan dan setiap kemenangan kami persembahkan untuk kita semua," tutur Misyuari.


"Selamat kepada adik-adik yang telah berjuang dalam kompetisi ini. Kemenangan ini tentunya memberikan mereka pengalaman baru sebab debat ini memiliki perbedaan yang begitu jauh dari kompetisi-kompetisi debat yang pernah mereka ikuti sebelumnya," kesan Misyuari. (da/alf).

 


dirgaachmad 5 نوفمبر, 2023