Verifikasi Dokumen SPAN PTKIN 2023

29 مارس, 2023 بواسطة
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare - Tim Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) IAIN Parepare jalur penerimaan  Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) mengikuti kegiatan verifikasi dan validasi berkas dan dokumen untuk jalur SPAN PTKIN. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, Minggu-Rabu (19-23/03/2023), bertempat di Hotel Vertu Harmoni Jakarta. kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berada di bawah koordinasi Kementerian Agama Republik Indonesia.

IAIN Parepare diwakili Wawan Kurniawan dan Ade  Musytahun Wahid, selaku Tim TIK IAIN Parepare, sekaligus staf Unit Pelaksana Teknis (UPT) Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD).

Kepala Sekretariat M. Mukhsin Jamil memberikan sambutan di hari pertama, dilanjutkan dengan arahan dan pembukaan oleh  Sekretaris Panitia Nasional PMB PTKIN Mudhofir.

Mengawali agenda inti, Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) TIK nasional memberikan penjelasan terkait teknis dan proses verifikasi dokumen SPAN PTKIN dan selanjutnya dilakukan verifikasi dokumen secara tertutup hingga hari terakhir kegiatan.

Berbeda dengan tahun lalu, verifikasi berkas jalur SPAN  kali ini dilakukan secara tertutup dan serentak diseluruh PTKIN.

“ Untuk menjaga akuntabilitas proses seleksi berkas jalus SPAN, serta mengantisipasi terjadinya kecurangan, kali ini seleksinya  dipusatkan di satu lokasi dengan pengawasan yang ketat dari pokja Nasional” ungkap Wawan Kurniawan.

Alumni magister Komunikasi Penyiaran Islam tersebut manambahkan bahwa proses seleksi berkas sangat lama, menguras waktu dan tenaga. Seluruh berkas pendaftar digabung dan didistribusi secara secara acak ke seluruh tim verifikator untuk mengurangi potensi kecurangan. (azb/mif)


Ahmad Zuhudy Bahtiar 29 مارس, 2023