Aksi Sosial, Aliansi Ormawa IAIN Parepare Peduli Korban Bencana Tanah Longsor Tana Toraja

21 April, 2024 oleh
Jihan Putri Umairah

Humas IAIN Parepare- Aliansi Ormawa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar aksi sosial untuk para korban bencana alam tanah longsor yang terjadi di Makale, Tana Toraja.

Aksi tersebut merupakan aksi gabungan seluruh lembaga kemahasiswaan yang ada di IAIN Parepare, meliputi Sema dan Dema I, UKK/UKM, Sema dan Dema Fakultas beserta seluruh HMPS yang ada di IAIN Parepare. Aksi berlangsung, Sabtu-Minggu (20-21/04/2024) pukul 13.00 WITA-selesai pada titik lokasi target perbatasan Parepare-Pinrang, jalur Parepare-Sidrap dan Lapangan Andi Makkasau.

 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga kemahasiswaan ini bertajuk “Aksi Sosial Aliansi Ormawa IAIN Parepare”, dilaksanakan dengan mengadakan aksi sosial pencarian sumbangan. Hasil donasi ini akan dialokasikan dalam bentuk barang atau kebutuhan korban tanah longsor.

“Aksi kemanusiaan dilaksanakan dengan tiga rangkaian kegiatan. Pertama, pada 20-21 April 2024, turun ke jalan dengan titik pencarian sumbangan, yakni perbatasan Parepare-Pinrang, jalur Parepare-Sidrap dan Lapangan Andi Makkasau. Kedua, mulai Senin, 22 April sampai Jumat 26 April 2024 kami akan open donasi berupa sandang (pakaian), pangan (makanan) serta kebutuhan lainnya yang masih sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang terdampak tanah longsor tersebut. Ketiga, kami akan melaksanakan penyaluran secara langsung ke lokasi kejadian pada hari Sabtu, 27 April 2024,” tutur Presiden Mahasiswa Muhammad Risal. “Jadi dana yang kami kumpulkan selama dua hari kemarin akan dialokasikan dalam bentuk barang atau kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

 

“Kami turut berduka atas kejadian yang menimpa saudara kita yang berada di Tana Toraja tepatnya di Makale, karena atas kejadian tersebut memakan puluhan korban jiwa serta beberapa rumah yang rusak parah. Oleh karena itu, kami melangsungkan aksi kemanusiaan sebagai perpanjangan tangan masyarakat kepada para korban. Harapan saya terkait korban tanah longsor, semoga diberikan ketabahan dengan musibah yang menimpa beberapa hari lalu serta situasi dan kondisi semakin cepat membaik seperti semula, dan adanya bantuan dari kami mahasiswa IAIN Parepare serta masyarakat Kota Parepare dapat bermanfaat untuk seluruh korban,” harapnya.

“Bagi seluruh pembaca yang memiliki pakaian yang sudah tidak digunakan dan ingin disumbangkan dapat dibawa ke Sekretariat Dema- I IAIN Parepare karena kami membuka donasi dalam bentuk barang selama lima hari ke depan, terhitung mulai hari ini,” tutupnya. (jhn/mif)

 


di dalam Berita
Jihan Putri Umairah 21 April, 2024