Alumni AMINEF Sosialisasi Beasiswa di IAIN Parepare

13 September, 2023 oleh
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare- Alumni penerima beasiswa dari American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) mengadakan Sosialisasi Beasiswa program Community College Initiative (CCI) pada, Rabu (13/08/2023)  di Lantai 5, Gedung Perpustakaan. 

AMINEF adalah Yayasan pengelola program beasiswa fullbright di Indoneasia yang mempunyai tujuan utama untuk membangun hubungan bilateral Indonesia dan Amerika yang lebih erat melalui pertukaran antar masyarakat di bidang pendidikan. Adapun program pertukaran pendidikan dan beasiswa yang ada di antaranya program magister, program doktoral dan juga program non gelar. 


Kegiatan Sosialisasi Beasiswa hasil kolaborasi antara International Office, UPT Bahasa, dan Career Development Center (CDC) ini dihadiri Rektor IAIN Parepare, Kepala Pusat CDC, dan Kepala UPT Bahasa beserta tim, serta mahasiswa, alumni, dan umum sebanyak 200 orang peserta. 

Kegiatan diawali dengan video pidato pembukaan  Maya Purbo dari Tim Komunikasi AMINEF menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen AMINEF untuk menjangkau lebih banyak calon peserta di seluruh Indonesia, baik di luar kota-kota besar. “Semoga setelah kegiatan ini para peserta semakin terinspirasi dari para alumni untuk menjadi penerima beasiswa berikutnya,” harap Maya.


Dalam sambutannya, Rektor IAIN Parepare Hannani menyampaikan terima kasih kepada alumni dari AMINEF yang telah bersedia hadir dan membagi pengalaman serta tips mendapatkan beasiswa kepada mahasiswa IAIN Parepare. “Untuk para mahasiswa jangan pernah menunda untuk belajar bahasa Inggris untuk kejar beasiswa keluar negeri, dan mengisi kuota beasiswa yang ada,” pesan Hannani.

Kepala UPT Bahasa Nurhamdah juga menyampaikan bahwa  UPT Bahasa siap membantu para mahasiswa yang ingin belajar bahasa Inggris, dan meningkatkan score TOEFL-nya.

 “Internasional Office, UPT Bahasa, dan CDC merupakan kolaborasi yang siap membantu mahasiswa mendapatkan beasiswa atau melanjutkan studinya,” tambah Kepala Pusat CDC Mahyuddin.

 

Pada kegiatan ini, pemateri Siti Yudiarti Fajriah Rusdi dan Selviani Auliyah, alumni penerima beasiswa CCI, menyampaikan Program CCI, komponen kegiatan Program CCI, persyaratan, serta fasilitas program yang diterima oleh penerima beasiswa selama di Indonesia dan di Amerika. 

Selviani juga menjelaskan tips dalam menulis essai, hal yang harus ditekankan supaya esai  menarik, serta kegiatanyang akan dilakukan di Amerika. 

"Jika mau belajar ke Amerika dengan beasiswa, dari sekarang harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, memiliki sertifikat TOEFL ITP skor minimal 480, jangan malu untuk bertanya, dan kita harus percaya diri kalau kita bisa,” tutup Siti Yudiarti pada akhir kegiatan. aw/mif)


di dalam Berita
ameliawulandari 13 September, 2023