Asesmen Lapangan Prodi PBA, Asesor Beri Masukan Terkait Kurikulum

18 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare - Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah melaksanakan Asesmen Lapangan (AL), di ruang Akreditasi Lembaga Penjamin Mutu IAIN Parepare, Kamis-Jumat (16-17/3/2023). 

Pada pembukaan kegiatan, turut hadir Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Tarbiyah, Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah, Ketua dan Sekretaris LPM, Ketua LP2M, Kepala Perpustakaan, Kepala Pusat Akreditasi, Dosen Tetap Program Studi (DTPS), dan seluruh tim akreditasi Prodi PBA.

Adapun tim asesor yang diutus Ban-PT yakni Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd (Asesor 1) dari Universitas Negeri Malang dan Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I. (Asesor 2) dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kedua asesor hadir secara daring. 

Pada kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, asesor mengonfirmasi terkait kebenaran data yang dikirimkan tim akreditasi. Kedua asesor memberikan masukan terkait RPS, pembiayaan penelitian dan pengabdian dari luar negeri, dan kurikulum. 

"Kurikulum Bapak/Ibu harus mewadahi profil lulusan. CPL-nya harus sesuai," ungkap Moh. Ainin, guru besar Universitas Negeri Malang tersebut.

Selama proses Asesmen Lapangan tersebut, mahasiswa, DTPS, tendik, alumni, dan pengguna turut dihadirkan untuk sesi wawancara. 

Mahasiswa PBA, Afriono dalam sesi wawancara menjawab pertanyaan asesor dengan lancar menggunakan bahasa Arab. Pada kesempatan tersebut, Afriono mengungkapkan harapannya. "Semoga ke depan kegiatan kemahasiswaan yang dapat meningkatkan penguasaan keterampilan berbahasa Arab semakin ditingkatkan," ungkap Afriono.

Setelah Asesment Lapangan, Dekan Fakultas Tarbiyah memberikan konfirmasi terkait AL tersebut. 

"Kami menganggap kegiatan AL PBA oleh BAN-PT ini sangat bermanfaat sebagai input untuk memperbaiki dan meningkatkan hal-hal yang masih kurang, mempertahankan dan meningkatkan hal-hal yang sudah dianggap baik," ungkap Dr. Zulfa, M. Pd. 

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Prodi PBA, Muhammad Irwan, M.Pd., yang menilai bahwa kegiatan AL telah memberikan banyak informasi tentang kelebihan dan kelemahan institusi. Oleh karena itu, ia pun mengaku bahwa hal tersebut akan menjadi salah satu pijakannya untuk lebih meningkatkan kualitas di masa yang akan datang khususnya Prodi PBA Fakultas Tarbiyah.

Selanjutnya, Muhammad Irwan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung atas suksesnya kegiatan ini. 

"Saya sangat berterima kasih atas kerja keras, keseriusan tim yang berusaha bahu-membahu, meluangkan waktu di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari, dan mungkin sampai mengorbankan waktu istirahatnya. Juga, terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Rektor dan jajarannya serta seluruh civitas academica, tenaga pendidik, dan kependidikan. Sekali lagi, terima kasih seluruh keluarga besar IAIN Parepare atas doa dan dukungannya," tutupnya.

Sebelum kegiatan AL ini, Tim Prodi PBA bersama Tim akreditasi LPM telah lebih dulu melaksanakan simulasi dalam rangka meninjau kesiapan tim pada saat proses penilaian akreditasi.
"Akreditasi Prodi PBA ini cukup berbeda dengan AL sebelum-sebelumnya. Karena Tim hanya diberi waktu satu bulan untuk melengkapi data. Namun, kami berharap semoga hasilnya sesuai harapan," ungkap Ali Rahman, salah satu anggota tim akreditasi Prodi PBA. 
(mm/Tin)

di dalam Berita
Hayana 18 Maret, 2023