Biro Ortala Kemenag Sosialisasi Penataan Sistem Kerja, Begini Aturannya!

17 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare- Rabu (15/03/2023) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare kedatangan tamu dari Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemenag RI. Rektor IAIN Parepare Hannani dan Kepala Biro AUAK Muhdin beserta jajarannya menyambut Lukman Hakim selaku ketua tim bersama rombongan di Fly Over, Gedung Rektorat.

Kedatangan tim Biro Ortala dalam rangka sosialisasi penataan organisasi dan pelaksanaan sistem kerja baru sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 1179 tahun 2022 tentang sistem kerja.

 Lukman hakim menyebutkan bahwa kehadirannya di IAIN Parepare untuk menyampaikan amanat dari Biro Ortala tentang penataan organisasi dan implementasi dari sistem kerja baru.  Selain bersilaturahmi, kehadiran tim biro Ortala juga akan berbagi terkait sistem kerja baru sesuai dengan peraturan presiden dan keputusan menteri agama.

Adanya perubahan sistem kerja ini menyebabkan adanya penyederhanaan birokrasi sehingga kita dituntut untuk lebih bekerja lebih baik dan lebih profesional,” tutur Lukman Hakim.

Selain itu, Hannani dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa dengan adanya sistem kerja baru di kepegawaian ini, ada efisiensi kerja pegawai, di mana jabatan struktural itu semakin dipersingkat dan tidak lagi birokratis. Dengan adanya penyederhanaan ini, sistem kerja sudah sangat kolaboratif. 

“Kita berharap dengan kehadiran dari Biro Ortala akan membawa pencerahan kepada kami, dalam rangka untuk memahami sistem kerja yang ada di Kemenag, khususnya di IAIN Parepare tentang sistem kerja baru,” harapnya.

Pada pertemuan yang berlangsung kurang lebih empat, tim Biro Ortala menjelaskan mekanisme sistem kerja sesuai KMA nomor 1179 tahun 2022 yang merupakan serangkaian prosedur dan tata kerja yang membentuk suatu proses pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi. Sedangkan, implementasinya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya manusia (SDM), serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Implementasi penyederhanaan birokrasi dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu penyederhanaan struktur organisasi, penyetaraan jabatan, dan penyesuaian sistem kerja. Pada kesempatan itu pula, peserta kegiatan yang hadir diperkenankan untuk melakukan tanya jawab dengan tim. Hadir pada kegiatan tersebut, tim dari UIN Alauddin, IAIN Bone serta pimpinan di IAIN Parepare dan jabatan fungsional tertentu (JFT). (aen/mif)

di dalam Berita
Hayana 17 Maret, 2023