Dema FAKSHI Gelar Law Enforcement Fair 2021

4 Agustus, 2021 oleh
webadmin1

IAINParepare– Kegiatan Law Enforcement Fair salah satu program kerja Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam yang dikemas dalam dua rangkaian kegiatan, yaitu Webinar Hukum Nasional dan Bina Desa Sadar Hukum. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam Dr. Hj. Rusdaya Basri, Lc., M.Ag. di gedung Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam pada Senin, (02/08/21).

Kegiatan Webinar Hukum Nasional dilaksanakan secara online dengan mengusung tema ” Refleksi Pembentukan dan Penegakan Hukum di Indonesia “. Narasumber yang dihadirkan adalah Praktisi Hukum dan Akademisi dari pihak Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia Muhammad Isnur, Komisi Yudisial Sulawesi Selatan Yusuf Nurdi, S.H., M.H., dan Dosen IAIN Parepare Dr. H. Syafaat Anugrah,S.H.,M.H.
Kegiatan Bina Desa Sadar Hukum yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-8 Agustus 2021 dengan mengusung tema ” Mewujudkan Masyarakat Cerdas Hukum ” bertempat di Desa Patampanua Kab. Soppeng.



Hasniati selaku ketua DEMA FAKSHI dalam sambutannya menjelaskan bahwa maksud dari dilaksanakannya kegiatan Law Enforcement Fair tak lain untuk mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi. “Kami menyusun kegiatan ini dengan tujuan agar mahasiswa dan masyarakat dapat memahami bagaimana hukum di Indonesia, mulai dari pembentukan sampai pada penegakan hukumnya. Selain itu, kami juga menjadikan kegiatan ini sebagai wadah untuk mensosialisasikan hukum ke masyarakat. Jujur, masyarakat yang banyak melanggar hukum karena banyak yg tidak tahu aturan-aturan yang ada,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam Dr. Hj. Rusdaya Basri, Lc., M.Ag. dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada DEMA FAKSHI atas kegiatan Law Enforcement Fair. Dalam sambutannya, Dekan FAKSHI menjelaskan bagaimana hukum dalam Islam dan mengaitkan hukum yang ada di Indonesia. Selain itu, dia juga memberikan pembekalan untuk pengurus DEMA FAKSHI dan panitia sebelum terjun ke masyarakat nantinya.
“Kegiatan ini sangat positif baik kepada institusi maupun untuk masyakarat. Saya berharap semoga dengan kegiatan Bina Desa Sadar Hukum yang dilaksanakan DEMA ini dapat berkontribusi terhadap masyarakat dalam memahami hukum,” lanjutnya. (dirg)

di dalam Berita
webadmin1 4 Agustus, 2021