Dibuka! Pendaftaran Mahasiswa Baru S1 Jalur Mandiri Prestasi, Afirmasi, dan Bibit Unggul

22 April, 2024 oleh
dirgaachmad

Humas IAIN Parepare - Institut Agama Islam Negeri Parepare (IAIN Parepare) telah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri dengan menawarkan tiga opsi yang beragam untuk memfasilitasi keragaman kompetensi dan keunggulan yang dimiliki siswa/santri. Dalam upaya meningkatkan aksesibilitas pendidikan tinggi bagi berbagai latar belakang, IAIN Parepare menghadirkan jalur mandiri prestasi, jalur mandiri afirmasi, dan jalur mandiri bibit unggul.


Jalur mandiri prestasi menawarkan kesempatan kepada mereka yang telah menorehkan prestasi pada  berbagai bidang, seperti tahfiz, hafalan hadis, seni, olahraga, konten kreatif, serta penguasaan bahasa asing melalui TOEFL/TOAFL. Bagi kalian yang telah memperlihatkan keunggulan di bidang tertentu, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa lebih terbuka lebar.


Sementara itu, jalur afirmasi memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik dari lulusan MA/MAK/SMA/SMK atau sejenisnya, dengan kategori khusus seperti pemimpin organisasi siswa/santri, kategori non-Muslim, pegawai syara masjid, dan penyandang disabilitas. Dengan jalur ini, IAIN Parepare menegaskan komitmennya dalam menciptakan inklusi dan kesetaraan dalam pendidikan.


Tidak ketinggalan, jalur bibit unggul juga menjadi opsi bagi calon mahasiswa yang menonjol dalam berbagai konteks, mulai dari yatim piatu, panti asuhan, keluarga pegawai/alumni IAIN Parepare, hingga yang berasal dari daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal), daerah afirmasi kegiatan tridarma IAIN Parepare, kemitraan, alumni pesantren/madrasah, dan bahkan anak kandung pegawai Kementerian Agama. Jalur ini menunjukkan komitmen IAIN Parepare dalam membangun inklusi sosial dan memperluas akses pendidikan tinggi bagi semua kalangan.


Dibukanya pendaftaran ini merupakan wujud dari kesungguhan IAIN Parepare dalam memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada calon mahasiswa yang memiliki keunggulan dan potensi untuk berkembang. Dirga Achmad, Kepala Pusat Admisi, Public Relation, dan International Office IAIN Parepare, menjelaskan bahwa kebijakan ini dirancang untuk mencerminkan semangat inklusi dan keberagaman, serta mengakomodasi siswa/santri dengan beragam bakat dan prestasi.


”Kita butuh mahasiswa berprestasi dan yang memiliki keunggulan di bidang tertentu. Tahun ini kebijakan IAIN Parepare membuka jalur mandiri bukan hanya jalur mandiri reguler yang diseleksi menggunakan sistem CBT, melainkan kita membuka jalur mandiri prestasi, afirmasi, dan bibit unggul. Tujuannya untuk mengakomodir siswa/santri yang punya prestasi atau keunggulan,” ungkap Dirga.


Pendaftaran jalur mandiri ini telah dibuka sejak 22 April 2024 dan akan berlangsung hingga 22 Mei 2024. Para calon mahasiswa dapat mengakses informasi lebih lanjut serta melakukan pendaftaran melalui tautan pmb.iainpare.ac.id. Bagi yang membutuhkan bantuan atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, mereka dapat menghubungi Admisi IAIN Parepare melalui whatsApp di nomor (082155165516) atau media sosial resmi IAIN Parepare lainnya. (da/mif)

di dalam Berita
dirgaachmad 22 April, 2024