Dorong Mahasiswa Selesai Tepat Waktu, Pusat Pengembangan Mutu Karier Mahasiswa dan Alumni Laksanakan Program Mentoring Zero Semester 9

16 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare – Pusat Pengembangan Mutu Karier Mahasiswa dan Alumni pada Lembaga Penjaminan Mutu melaksanakan program Mentoring Zero Semester 9, Rabu, (15/03/2023) di Perpustakaan Lantai 4.

Kegiatan yang diikuti 108 peserta (delegasi dari berbagai prodi di lingkup IAIN Parepare) dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga H. Saepudin. Dalam sambutannya, ia banyak memotivasi dan mendorong mahasiswa selesai tepat waktu karena hal tersebut berkontribusi bagi peningkatan akreditasi lembaga.

“Sesuai standar BAN-PT, idealnya 50% setiap angkatan pada program studi selesai tepat waktu. Jika Anda selesai tepat waktu, maka Anda telah memiliki sumbangsih terhadap peningkatan mutu prodi Anda," ungkapnya.

Wakil rektor juga berpesan agar setiap mahasiswa memiliki perencanaan jangka panjang, baik lanjut studi, maupun mendapatkan pekerjaan.

“Semakin lama tinggal di kampus, semakin lama juga cita-cita atau rencana Anda raih, ”tuturnya.

Sementara itu, Ketua LPM Muhammad Qadaruddin mengatakan program Zero Semester 9 merupakan program pendampingan dalam menyusun tugas akhir mahasiswa. Program ini didesain untuk mendorong mahasiswa selesai tepat waktu.

“Program ini dirancang berkesinambungan selama 10 bulan. Untuk itu, setiap peserta diharapkan berkomitmen mengikuti kegiatan sampai akhir, sehingga output kegiatan dapat tercapai," ungkap Muhammad Qadaruddin. 

Selain itu, Muhammad Qadaruddin berharap agar peserta dari program Mentoring Zero Semester 9 dapat menjadi mentor bagi mahasiswa lain sebab tidak semua mahasiswa dapat diakomodir untuk ikut serta dalam program ini. 

Untuk sesi perdana ini, panitia mengundang Abd. Halik, Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tabiyah IAIN Parepare sebagai narasumber. Ia memaparkan materi tentang teknik penentuan judul penelitian dan cara menulis skripsi yang baik.

Pada sesi ini, para peserta mendapatkan kiat-kiat yang memudahkan mereka dalam menyusun skripsi. Selain itu, para mahasiswa mendapatkan mentoring langsung dari tim Career Development Center kerja sama dengan para ketua program studi tentang cara menulis yang baik dalam menyusun tugas akhir. (Mhy/Tin).

di dalam Berita
Hayana 16 Maret, 2023