Dosen IAIN Parepare Terima Hibah Penelitian Internasional dari Organisasi Riset Korea Selatan

30 Maret, 2023 oleh
mifdahilmiyah


Humas IAIN Parepare-Mahyuddin, dosen Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare menerima dana hibah penelitian dari organisasi riset negara Korea Selatan, sebagai bagian kontribusi dalam riset sosial agama dan kesehatan. Hibah ini diberikan melalui program bantuan riset dari organisasi The Korean Society of Hematology yang disalurkan setelah presentasi di kegiatan seminar internasional. Seminar ini diselenggarakan di Grand Walkerhill Hotel, Seoul, Korea Selatan, Kamis-Sabtu (30-1/3-4/2023)

Hibah yang diterima ini sebagai penghargaan atas kontribusi risetnya yang mengkaji relasi agama dan kesehatan di negara-negara muslim. Mahyuddin mengembangkan tema riset kesehatan berperspektif sosiologi agama, dan hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi organisasi riset di negeri ginseng ini.

“Saya sangat bersyukur bisa diundang langsung ke Korea Selatan untuk menghadiri konferensi internasional sekaligus diberi secara langsung contribution award. Meski tidak banyak, tetapi saya berharap hibah ini dapat berkontribusi positif bagi lembaga terutama dalam hal akreditasi,” tuturnya.

Di kesempatan terpisah, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare M. Ali Rusdi menyampaikan penghargaannya atas hibah ini, sebab kolaborasi penelitian internasional merupakan bagian dari perjanjian kinerja pada LP2M IAIN Parepare.

“Kami berharap, semakin banyak  dosen yang mengembangkan riset dan dapat berkontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, riset-riset sosiologi kesehatan yang banyak dikaji oleh Mahyuddin memuat tentang relasi agama dan dunia medis kontemporer seperti sisi spritualitas sebagai strategi penyembuhan penyakit masyarakat, kritik praktik transplantasi di negara-negara muslim, serta peran organisasi Islam, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam membentuk paradigma baru tentang praktik transplantasi di Indonesia. (mhy/mif)


di dalam Berita
mifdahilmiyah 30 Maret, 2023