Dosen PIAUD Pemateri Visiting Lecturer di UIN Batusangkar Sumatera Barat, Ini Materinya

16 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare- Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) mengikuti program Visiting Lecturer yang diselenggarakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatra Barat, Selasa (14/3/2023). 

Kegiatan yang melibatkan ketua-ketua prodi dan dosen PIAUD dari berbagai PTKIN dan PTKIS di Indonesia ini, masih merupakan bagian dari agenda pertemuan Asosiasi Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPIAUD). Selain itu, program ini juga sebagai bentuk implementasi dari rangkaian Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara prodi PIAUD IAIN Parepare dengan UIN Batusangkar. 

Secara teknis, kegiatan ini terbagi berdasarkan empat mata kuliah keprodian PIAUD. Di antaranya, Pengembangan Bahasa dan Literasi untuk Anak, Neurosains, Strategi Pembelajaran, dan Pengelolaan Lingkungan Belajar. 

Pada kesempatan ini, ketua Prodi dan dosen PIAUD IAIN Parepare, Novita Ashari dan Syarifah Halifah juga diberi kepercayaan untuk berbagi ilmu pengalaman terkait mata kuliah Pengembangan Bahasa dan Literasi untuk Anak.
 
Ketua Prodi PIAUD Novita Ashari menyampaikan materi dengan tema " Pengembangan Bahasa dan Literasi pada Anak Usia Dini ". Ia memaparkan konsep reseptif dan ekspresif tahapan usia pengembangan bahasa untuk anak usia dini kepada peserta yang umumnya mahasiswa semester empat UIN Batusangkar. 

Sedangkan, dosen PIAUD Syarifah Halifah memaparkan materi dengan tema " Pengembangan Literasi Bahasa dan STEAM (L-STEAM) untuk Anak Usia Dini ". Dalam materinya, ia menerangkan komponen literasi bahasa untuk anak usia dini dengan menampilkan hasil karya produk buku cerita mahasiswa IAIN Parepare.

Saat diwawancarai, Novita mengaku bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini. Ia pun berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kerja sama antar institusi. "Kegiatan ini diharapkan mampu memperkuat hasanah keilmuan dan inisiasi kerja sama sebagai penunjang akreditasi di bidang pendidikan," tuturnya. (mm/mif)

di dalam Berita
Hayana 16 Maret, 2023