Dua Mahasiswa PBA Juara Tilawatil Quran

15 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

HUMAS IAIN PAREPARE -- Dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) berhasil menyabet juara pada kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat kota. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Parepare, Senin (13/3/2023).

Dua mahasiswa tersebut yakni Muhammad Imam Syafi'i (21) dan Ahmad Ardhan Lukman (20). Masing-masing berhasil membawa pulang Juara I dan III pada cabang tahfidz Al Quran 10 juz. 
 

Ardhan, sapaan akrab Ahmad Ardhan Lukman, saat diwawancarai bercerita kepada bahwa sejak di bangku sekolah, ia sudah beberapa kali mengikuti lomba ini. Ia seringkali mewakili kecamatan hingga ke tingkat Kota Parepare. Namun, ia mengaku baru kali ini berhasil mendapat juara. 

"Awalnya kenal dengan lomba seperti ini waktu masih di pondok. Kurang lebih sudah 4 kali mengikuti lomba seperti ini, tapi selalu mentok di juara harapan. Tapi, alhamdulillah, justru di tahun pertama masuk kampus IAIN Parepare untuk pertama kalinya masuk 3 besar," ungkap pemuda yang sehari-hari juga menjadi Imam Masjid tersebut. 

Ardhan, yang merupakan mahasiswa aktif semester dua itu, juga berkisah soal motivasinya tetap semangat mengikuti lomba. Meski di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa dan imam masjid. 

"Pertama dorongan dari orang tua. Saya juga sebisa mungkin menyisihkan waktu untuk muroja'ah. Apalagi bulan kemarin libur kuliah, jadi banyaklah waktu luang untuk melancarkan dan menjaga hafalan," jawabnya. 
 
Ardhan dan Imam memang merupakan mahasiswa berbakat yang dimiliki Prodi PBA. Hal itu dibenarkan oleh Kaprodi PBA, Muhammad Irwan, M.Pd., saat dikonfirmasi. Ia juga menyampaikan selamat dan berharap ke depan bisa diikuti mahasiswa PBA lainnya. 

"Prestasi yang luar biasa. Mereka adalah mahasiswa kami yang punya potensi di bidang itu. Kewajiban kami untuk mendukung dan mengembangkan potensi dan memberikan apresiasi setiap prestasi yang diraih oleh mahasiswa. Saya berharap prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi para mahasiswa PBA yang lain dan membuktikan potensi mereka dengan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kompetisi akademik maupun non akademik. Selamat kepada Muhammad Imam Syafi’i dan Ahmad Ardhan Lukman," pungkasnya. 

Perlu diketahui, kegiatan STQ ini merupakan kegiatan tahunan pemerintah yang diselenggarakan dalam berbagai cabang kategori lomba. Mulai dari tahfidz Al Quran hingga Hadis. Peserta yang berhasil juara akan lolos mewakili kota pada tingkat provinsi hingga nasional. (mm/alf)

di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 15 Maret, 2023