Fakshi Gelar Pengukuran Arah Kiblat di Kediaman Anregurutta Abd Rahim Arsyad

24 April, 2024 oleh
Irmawati

Humas IAIN Parepare--Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) Institut Agama Islam Negeri Parepare menggelar kegiatan pengukuran arah kiblat di kediaman Prof. Dr. AGH. Abd. Rahim Arsyad, M.A Jalan Poros Ujung Lero Pantai Lowita, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Rabu (24/04/2024).


Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari rencana pembangunan musala untuk kegiatan ibadah, dan pembinaan keagamaan di bawah bimbingan Anregurutta Abd. Rahim Arsyad.


Kegiatan ini dipimpin oleh Budiman Direktur Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare  yang diikuti oleh tiga orang Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam. Pengukuran arah kiblat ini menggunakan berbagai metode untuk menentukan arah kiblat, termasuk kompas, theodolite, dan peta digital. 



Rahmawati Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam. “Kami berharap, adanya pembangunan sarana ibadah ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dalam menjalankan agamanya” kata Rahmawati


Sementara itu Budiman sebagai ketua tim menyampaikan bahwa ”Kegiatan ini juga merupakan bentuk sosialisasi kampus serta sarana mendekatkan civitas academica dengan masyarakat,” ucapnya


Kegiatan pengukuran arah kiblat ini disambut antusias oleh masyarakat setempat, yang ditandai oleh  keikutsertaannya dalam kegiatan. Mereka juga mendapatkan penjelasan dari Tim Fakshi tentang cara menentukan arah kiblat dengan tepat. (Irm/Srh)

di dalam Berita
Irmawati 24 April, 2024