Gagas Pendirian IAIN Pangandaran, FEBI Jadi Target Kunjungan UIN Sunan Gunung Djati

15 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare menerima kunjungan Studi Banding dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada, Selasa (14/03/2023). 

Pada kunjungan tersebut, UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengirimkan dua orang delegasi, yaitu Cucu Setiawan, dan Didin Moh Saepudin guna membahas pendirian Program Studi Pariwisata Halal/Syariah.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Muhammad Kamal Zubair, Wakil Dekan I bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerja Sama Andi Bahri, Wakil Dekan II bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Damirah, serta sejumlah ketua program studi di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare.

Menurut Andi Bahri, kunjungan Studi Banding ini dilatarbelakangi oleh adanya tugas yang diberikan kepada UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk mendirikan IAIN Pangandaran di Jawa Barat. “Jadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung diberi amanah dari Diktis Kementerian Agama untuk merancang pembukaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) baru, yaitu IAIN Pangandaran,” jelas Andi Bahri. 

Saat ini Komite Pendirian IAIN Pangandaran telah merancang sejumlah fakultas, seperti Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 

“Pembentukan IAIN otomatis membutuhkan izin operasional program studi dan fakultas sehingga dapat berdiri. Salah satu Prodi yang ingin digagas adalah Prodi Pariwisata Halal/Syariah,” jelasnya. Program Studi Pariwisata Halal/Syariah menjadi salah satu target pendirian prodi pada IAIN Pangandaran nantinya.

Pihak Komite Pendirian IAIN Pangandaran memberikan apresiasi kepada FEBI IAIN Parepare karena dapat menerima kunjungan tersebut dan memperoleh beberapa dokumen yang berguna pada pendirian prodi, borang, dan sekaligus dokumen-dokumen pengurusan akreditasi.

“Ke depannya setelah Prodi Pariwisata Halal/Syariah berdiri, semoga dapat tercipta kerja sama kolaboratif antara IAIN Parepare dan IAIN Pangandaran dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi,” harapnya. (mma/mif)

di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 15 Maret, 2023