Garap Pembelajaran Jarak Jauh, Fakultas Tarbiyah Benchmarking ke UT

3 Desember, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare--Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare melakukan Benchmarking atau studi banding di Universitas Terbuka (UT) dalam rangka penjajakan kerja sama dan sekaligus belajar penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 


Kunjungan IAIN Parepare ini diterima langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama pada FKIP Lidwina Sri Ardiasih, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama pada FHISIP Anto Hidayat,  serta Staf Ahli Wakil Rektor 4 Bidang Pemasaran, Riset dan Kerja Sama di  Wisma Ruang Pinus UT Jakarta Pondok Cabe, Kamis (30/11/2023). 


Sementara dari pihak IAIN Parepare hadir Dekan Fakultas Tarbiyah Zulfah, Ketua dan Sekertaris Panitia PJJ, Kepala Pusat Kurikulum IAIN Parepare, serta Ketua Prodi Tadris Matematika sebagai perwakilan ketua prodi Fakultas Tarbiyah. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkaya referensi mengenai PJJ serta bagaimana penerapannya di UT. 





Dekan Fakultas Tarbiyah Zulfah menjelaskan alasan memilih UT sebagai tujuan Benchmarking Karena UT sudah lama gencar menyelenggarakan tutorial online, penelitian, dan pembelajaran berbasis digital learning lainnya.


"Tujuan kehadiran kami di UT untuk menjajaki kerja sama dan belajar bagaimana mengelola PJJ serta bisa dibimbing langsung dari TIM PJJ UT atau mementori secara komprehensif tentang pengelolaan PJJ," ungkap Zulfah. 




"Dengan memahami dan mengadopsi praktik ini, IAIN Parepare dapat secara signifikan meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian, dan layanan kepada mahasiswa di masa mendatang," tambahnya lagi. 


Menanggapi hal tersebut, pihak UT, Ace Rachman Staf Ahli Bisnis, Riset dan Kerja Sama menerangkan bahwa UT memiliki paket pelatihan pengembangan PJJ selama 3 hari tentang pengelolaan, pengembangan bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran PJJ. "Jika berkenan terkait pelatihan kami fasilitasi narasumber-narasumber yang sesuai, baik sifatnya online maupun hadir langsung di pusat UT," terang Ace Rachman. 


Proses Benchmarking ini juga melibatkan kunjungan langsung ke fasilitas dan lingkungan belajar Universitas Terbuka. Kegiatan Benchmarking ini juga mencerminkan komitmen IAIN Parepare dalam menjawab tuntutan perubahan global dan mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan yang penuh tantangan. (aen/mif)

di dalam Berita
Nur Aeni K 3 Desember, 2023