HMPS Manajemen Keuangan Syariah Adakan Kajian dan Buka Puasa Bersama Anak Panti

4 April, 2024 oleh
Jihan Putri Umairah

Humas IAIN Parepare- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS)  Manajemen Keuangan Syariah (MKS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar kegiatan Berbagi, Kajian dan Buka Puasa bersama Anak Panti bertempat di Panti Asuhan Al-Mustaqim, Kota Parepare, Minggu (31/03/2024).

Kegiatan ini mengusung tema "Ramadan Mubarak, Merajut Silaturahmi dalam Mencapai Kemuliaan di Bulan Suci Ramadan". Adapun yang turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu keluarga besar HMPS Manajemen Keuangan Syariah, H. Mukhtar Yunus, dan anak-anak panti asuhan Al-Mustaqim.

Selain berbagi dan buka bersama, kajian disampaikan menjelang buka puasa oleh H. Mukhtar Yunus, salah satu dosen IAIN Parepare. Mukhtar Yunus dalam kajiannya membahas tentang nilai-nilai puasa. Ia menjelaskan bahwa puasa  memiliki beberapa nilai yang dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, kesabaran, kesabaran dalam menahan ataupun meninggalkan nafsu dan emosi. Kedua, ibadah di bulan suci ramadan meliputi tarawih, zikir, belajar saling membantu dan terakhir sosial,  contohnya berbagai rezeki baik berupa takjil, buka bersama, dan kajian bersama. "Puasa merupakan cara kita sebagai manusia untuk menunjukkan rasa syukur atas semua nikmat yang diberikan Allah SWT. Ini termasuk umur, kesehatan, kesempatan, kemampuan, dan rezeki dari tuhan," ucapnya.

"Dengan diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk saling berbagi bersama anak panti serta berbagi sedikit ilmu yang Dr. H. Mukhtar Yunus berikan dalam kajiannya. Bersedekah di bulan ramadan dapat membuka pintu kebaikan. Dengan kata lain, kita akan dimudahkan untuk mencapai sesuatu yang baik," ujar Ketua HMPS MKS Saldi.

"Harapan saya selaku ketua HMPS MKS, semoga kegiatan Ramadan Mubarak ini memberikan keberkahan untuk HMPS MKS ke depannya," tutup Saldi. (jhn/mif )



di dalam Berita
Jihan Putri Umairah 4 April, 2024