IAIN Manado Adakan Benchmarking ke UPT Bahasa IAIN Parepare

16 Februari, 2024 oleh
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare – Perkembangan dan eksistensi tugas dan fungsi UPT Bahasa sebagai salah satu unit penunjang nilai sebuah kampus, menjadi faktor utama mengapa unit ini harus memiliki program kerja yang dapat meningkatkan kualitas civitas academica.

Kepala UPT Bahasa IAIN Manado, Husni Mubarak, mengunjungi langsung UPT Bahasa IAIN Parepare pada Jumat, 16 Februari 2024, dengan tujuan untuk mempelajari program-program yang telah diimplementasikan di UPT Bahasa IAIN Parepare. Kedatangan tamu dari Manado ini disambut dengan baik oleh Kepala UPT Bahasa beserta timnya di ruang Kepala UPT Bahasa, yang terletak di Gedung Laboratorium Terpadu Lantai II IAIN Parepare.

"Saya masih baru dalam menjabat sebagai Kepala UPT Bahasa di IAIN Manado, sehingga perlu banyak belajar dari UPT Bahasa lain yang telah memiliki beragam program kerja. Hal tersebutlah yang mendasari tujuan kami berkunjung, yang tidak lain karena UPT Bahasa IAIN Parepare sudah terlihat hasil dari program-program kerjanya," tutur Husni.

 

Program kerja yang terkait dengan pengembangan kemampuan bahasa mahasiswa merupakan salah satu prioritas utama yang harus ditekankan di UPT Bahasa. Mengingat saat ini kebutuhan akan sertifikasi kemampuan bahasa sering menjadi hambatan dalam memenuhi persyaratan beasiswa, baik terkait kepemilikan sertifikat TOEFL maupun IELTS.

“Jika mau nilai UPT Bahasa itu terlihat, maka tingkatkan kemampuan mahasiswa dahulu, kita harus berjuang untuk mahasiswa,” ucap Nurhamdah.

  

Apabila kualitas mahasiswa dalam bidang bahasa ingin ditingkatkan, maka perlu suatu proses yang melibatkan bimbingan dan pelatihan intensif terkait bahasa yang umumnya menjadi syarat, seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Hal ini bertujuan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Para mahasiswa harus memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS sebagai tiket mendaftar berbagai beasiswa. “Ajak para alumni yang berkualitas yang telah mendapatkan beasiswa sebelumnya untuk membimbing atau melatih para mahasiswa. Di samping itu berikan pula bantuan untuk tes yang biasanya membutuhkan biaya, seperti TOEFL ITP. Namun, di luar program itu yang paling penting harus dilakukan oleh UPT Bahasa IAIN Manado adalah merintis pelaksanaan TOEFL ITP,” tutup Nurhamdah. (Aw/Srh)


di dalam Berita
ameliawulandari 16 Februari, 2024