IAIN Parepare dengan PA Sidenreng Rappang dan PA Polewali Jalin Kerjasama Melalui Penandatanganan MoU dan MoA

6 Agustus, 2021 oleh
webadmin1

IAIN Parepare--Jumat, (06/08/21), IAIN Parepare bersama 2 Pengadilan Agama menyelenggarakan agenda penandatanganan Mou dan MoA. Acara yang diadakan di Flyover Gedung Rektorat IAIN Parepare ini dimulai sejak pukul 09.00 WITA. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IAIN Parepare, Ketua Pengadilan Agama Polewali, Ketua Pengadilan Agama Sindereng Rappang, panitera, dan panitera muda dari masing-masing pengadilan agama, serta segenap sivitas akademika IAIN Parepare.
Dalam kesempatan ini, Ketua Pengadilan Agama Polewali menyampaikan bahwa ini merupakan kali pertama beliau berkunjung di kampus IAIN Parepare.
Berbeda dengan Ketua Pengadilan Tinggi Polewali, Ketua Pengadilan Agama Sindereng Rappang merupakan alumni Pascasarjana IAIN Parepare.

“Ada beberapa kegiatan di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama penyelenggaraan pendidikan yang menjadi fokus pada perjanjian kerjasama ini. Yang kita berikan pada mahasiswa dalam proses pembelajaran masih bersifat teori, sedangkan pengadilan agama orientasinya pada hal-hal yang sifatnya taktis. Harapan kami, ke depan melalui kerjasama yang dibangun ini dapat memberikan pengalaman belajar mahasiswa kita dalam rangka untuk memperoleh pengetahuan tambahan yang sifatnya praktis, “ujar Ahmad Sultra Rustan.



“Salah satu bentuk pelatihan yang dapat menunjang pembelajaran di kampus adalah pelatihan mediator di pengadilan agama. Ternyata prospek untuk menjadi mediator juga cukup tinggi peluangnya ke depan, dan itu bisa kita jadikan gagasan untuk memberikan workshop pelatihan calon mediator kepada mahasiswa kita karena belum ada sebuah lembaga yang menyelenggarakan pelatihan seperti itu. Sasaran target peserta kita tidak hanya untuk calon sarjana kita, namun bisa juga untuk sarjana kita,” tambah Ahmad Sultra.

Di akhir sambutannya, Rektor IAIN Parepare berharap kepada dekan agar dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan sebagai mediator, dan dapat mendukung pembelajaran yang sifatnya praktis sehingga menambah wawasan bagi mahasiswa.
Acara ini ditutup dengan penandatangan MoU dan MoA serta penyerahan cendera mata antara IAIN Parepare dengan kedua Ketua Pengadilan Tinggi tersebut. (Dar/Tin)

di dalam Berita
webadmin1 6 Agustus, 2021