IAIN Parepare Siap Jadi Tuan Rumah KKN Moderasi

17 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare---Terpilih sebagai tuan rumah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare terus memantapkan segala persiapan. Salah satunya yaitu mengadakan rapat koordinasi yang dihadiri oleh Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kepala Seksi Pengabdian, Para Seksi Bimbingan Masyarakat Agama Hindu, Budha, dan Kristen, Ketua LP2M, dan Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat PTKIN Se-Indonesia. 

Rapat koordinasi berlangsung via zoom yang terpusat di Gedung Rektorat IAIN Parepare, dan dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Parepare Hannani, Ketua LP2M IAIN Parepare M. Ali Rusdi, Sekretaris LP2M Haramain dan Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Musmulyadi Kamis (16/03/2023).

Di dalam rapat koordinasi ini Suwendi sebagai Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, membahas tentang rencana kegiatan KKN Moderasi beragama. Menurut Suwendi sangat penting untuk menetapkan kapan kegiatan KKN Moderasi ini dimulai dan menjadikan kalender pendidikan sebagai rujukan kegiatan. Suwendi juga menyampaikan bahwa panitia harus sesegera mungkin menentukan syarat, dan ketentuan peserta KKN Moderasi dengan mengutamakan mahasiswa yang sudah memiliki pengetahuan seputar Moderasi Beragama.

“Harapan kami KKN Moderasi Beragama menjadi sarana mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang di peroleh di kampus masing-masing, terutama dalam aspek moderasi beragama. Besar harapan agar mahasiswa yang terpilih, sudah dibekali wawasan-wawasan seputar Moderasi Beragama," terang Suwendi.

Rektor IAIN Parepare juga menyampaikan harapannya semoga seluruh PTKIN dapar ikut berpartisipasi, dalam meramaikan dan menyukseskan KKN Moderasi Beragama.

Hannani menyebutkan poin utama dari KKN ini ialah mahasiswa secara langsung bisa mengetahui, dan merasakan kehidupan dengan masyarakat yang memiliki kepercayaan yang berbeda. Hal tersebut dianggap mampu melatih sikap dan penerimaan mereka terhadap toleransi dalam beragama. 

Hannani juga menyampaikan pentingnya melakukan pembekalan sebelum KKN Moderasi Beragama dilaksanakan, dan juga pendataan mahasiswa yang akan diutus dari kampus masing-masing. 

“Penting sekali dilakukan pembekalan KKN Moderasi, kami siap untuk memfasilitasi baik secara zoom ataupun offline di IAIN Parepare. Pembekalan ini dilaksanakan sebelum mahasiswa diterjunkan langsung ke masyarakat. Kami juga mengharapkan telah ada data awal terkait berapa jumlah mahasiswa yang akan diutus dari kampus masing-masing. Guna pemetaan lokasi dapat kami kerjakan segera. InsyaAllah IAIN Parepare siap menjadi tuan rumah KKN Moderasi," tegas Hannani.

Ketua LP2M, M. Ali Rusdi memaparkan KKN Moderasi Beragama ditargetkan akan berlangsung pada bulan Juni, Juli dan Agustus 2023. Ketua LP2M juga menyampaikan IAIN Parepare siap mengadakan pembekalan KKN Moderasi, dengan memfasilitasi penginapan sampai dengan komsumsi. Pihak IAIN Parepare juga akan menghadirkan Kepala Balai Litbang Moderasi Beragama Makassar, sebagai pemateri dalam kegiatan pembekalan KKN Moderasi Beragama.

Lebih lanjut, M. Ali Rusdi juga membahas tentang lokasi KKN Moderasi Beragama dan jarak tempuh menuju lokasi, baik dari Makassar menuju IAIN Parepare ataupun IAIN Parepare menuju lokasi KKN serta keunikan budaya dan juga adat istiadat masyarakat setempat. (fzs/Sr)

di dalam Berita
Hayana 17 Maret, 2023