IAIN Parepare Terbaik 4 PTKIN se- Indonesia Timur Versi Webometrics 2022

24 Januari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare — IAIN Parepare kembali mengukir prestasi yang cukup membanggakan. Kali ini, IAIN Parepare masuk ke dalam kategori 4 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik di Indonesia Timur, versi Webometrics 2022.

Berdasarkan rangking Webometrics yang dirilis kompas.com, (22/1/2023), IAIN Parepare berada pada rangking 14 se-PTKIN dan rangking I ditempati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, rangking 2 dan 3 adalah UIN Syarif Hidatullah Jakarta dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Khusus PTKIN di Indonesia Timur, IAIN Parepare berada pada rangking 4 setelah IAIN Palangka Raya, IAIN Pontianak, dan IAIN Kendari. “Rangking Webomentrics ini menunjukkan bahwa kita yang terbaik di pulau Sulawesi, hanya kalah dari IAIN Kendari,” kata Suherman, Humas IAIN Parepare.

“Prestasi ini patut diketahui masyarakat luas, khususnya calon mahasiswa baru yang akan memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikannya tahun ini, bahwa IAIN Parepare layak menjadi kampus pilihan,” papar Suherman saat dimintai tanggapannya, Ahad (23/1/2023).

“Bagi calon mahasiswa yang sedang mencari kampus Islam Negeri terbaik di Indonesia untuk referensi memilih perguruan tinggi tahun 2023, calon mahasiswa bisa menggunakan pemeringkatan kampus dunia, salah satunya Webometrics 2022 ini,” lanjutnya.

Webometrics Ranking of World Universities dinaungi oleh Cybermetrics Lab, sebuah badan riset publik terbesar di Spanyol. Badan riset ini melakukan pemeringkatan kepada 31.000 institusi pendidikan tinggi di dunia dari 200 negara yang diberikan pemeringkatan.

Cara pemeringkatan kampus di seluruh dunia ini menggunakan 3 indikator antara lain: Impact atau visibility, Openness atau transparency dan Excellence. Ketiga indikator ini, hasilnya ada 2.624 kampus di Indonesia yang masuk pemeringkatan. Salah satunya yang masuk daftar pemeringkatan adalah kampus atau Perguruan Tinggi Islam.

Berikut 20 PTKIN Terbaik di Indonesia, versi Webometrics 2022, yaitu;

Universitas Islam Negeri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Universitas Islam Negeri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Universitas Islam Negeri UIN Sunan Ampel Surabaya
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Universitas Islam Negeri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim
Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya (Intim)
Institut Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak (Intim)
Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
Institut Agama Islam Negeri Kediri
Institut Agama Islam Negeri Kendari (Intim)
Institut Agama Islam Negeri Parepare
Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan
Universitas Islam Negeri Raden Fatah
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. (suh/alf)

di dalam Berita
Hayana 24 Januari, 2023