IAIN Parepare Verifikasi 2.372 Berkas Pendaftar SPAN PTKIN Tahun 2024

22 Maret, 2024 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare --Tim Verifikator SPAN PTKIN IAIN Parepare tengah melalukan proses verifikasi dan penilaian SPAN PTKIN Tahun 2024 di Gedung TIPD, Kamis (21/03/2024). 


Kegiatan skoring dan penilaian ini berbeda dari tahun sebelumnya  dilakukan oleh panitia nasional bersama verifikator perwakilan dari PTKIN, namun tahun ini digelar di PTKIN masing-masing.


Muhammad Haramain, selaku Penanggungjawab tim verifikator menjelaskan bahwa tahun ini, jalur SPAN PTKIN tercatat sebanyak 2.372 calon pendaftar. Jumlah tersebut untuk mengisi 1.500 kuota di IAIN Parepare. 


“IAIN Parepare menempati urutan kedua pendaftar terbanyak PTKIN se Sulawesi setelah UIN Alauddin Makassar. Ini menandakan bahwa minat siswa terhadap IAIN Parepare cukup tinggi,” jelasnya.


Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan verifikasi ini bertujuan untuk memastikan keabsahan dan keakuratan nilai rapor serta prestasi siswa yang melamar masuk ke PTKIN melalui jalur SPAN, sebagai bagian dari upaya menjaga kualitas akademik di lingkungan perguruan tinggi.


"Ada 12 verifikator yang tergabung dalam tim ini dan akan melakukan pengecekan terhadap data nilai rapor dan prestasi siswa yang diunggah melalui sistem pendaftaran online. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa setiap pendaftar memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN," jelas Haramain. 


Hari pertama proses verifikasi ini juga dipantau langsung oleh Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, H. Saepuddin. 


Saepudin berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan keakuratan proses verifikasi tetap terjaga. "Terima kasih kepada semua siswa yang telah mendaftar SPAN dan kepada seluruh tim verifikasi tidak boleh ada manipulasi nilai untuk meluluskan peserta tertentu, lakukan secara cermat dan transparan," paparnya. 


Informasi yang diperoleh menyatakan, tahapan verifikasi ini berlangsung sejak 21 Maret hingga 28 Maret 2024. Hasil dari verifikasi akan diumumkan 2 April 2024 mendatang. (eni/alf)

di dalam Berita
Nur Aeni K 22 Maret, 2024